Kamis, 07 April 2011

Hal-hal yang Harus Diperhatikan oleh Pasien Patah Kaki dan Keluarganya

Saya pernah mengalami patah kaki di bagian paha kiri (fraktur femur). Saya dioperasi dan tulang femur saya dipasang pen. Berdasarkan pengalaman saya tersebut, saya jadi tahu hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien patah kaki dan juga oleh keluarganya agar mendapat kesembuhan (dengan seizin Allah tentunya). Pembahasan ini lebih dikhususkan untuk patah kaki di bagian paha, jika patah kaki di bagian tulang panggul, lutut, tulang betis atau telapak kaki penanganannya agak berbeda. Namun secara umum banyak kesamaannya karena bagian yang patah ada di anggota gerak bagian bawah. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

1. Posisi Tubuh

a. Posisi Tubuh Ketika Tidur
Selama 1 minggu pertama setelah operasi sebaiknya tidur terlentang dulu, jangan dulu miring. Setelah 1 minggu boleh tidur dalam posisi miring, tapi tentunya konsultasikan dulu dengan dokter yang menangani pasien.
Jika tulang yang patah terletak pada kaki sebelah kiri, maka miringnya ke kanan, begitupun sebaliknya. Diantara kedua kaki diganjal dengan bantal agar posisi tulang tetap lurus. Saya sendiri ketika tidur diantara kedua kaki diganjal dengan bantal, dari pangkal paha hingga lutut, supaya posisi tulangnya tetap lurus dan lututnya rileks, sehingga bisa tidur dengan nyaman.
Hal ini supaya tulang yang patah tidak tertekan/terbebani oleh bobot tubuh. Jika tulang yang patah sering tertekan/terbebani oleh bobot tubuh dapat mengakibatkan tulang menjadi bengkok, malah pen nya juga bisa bengkok.
Pengalaman saya sendiri, dulu saya tidak tahu tentang hal ini, dokter tidak memberi tahu saya dan sebagai pasien saya juga tidak tahu apakah hal ini perlu ditanyakan atau tidak. Saya sering tidur miring ke kiri, paha kiri saya yang patah sering terindih/ terbebani oleh tubuh. Setelah 3 bulan saat ketahuan tulangnya bengkok, baru saya bertanya "Dok, jika sedang tidur, boleh tidak miring ke kiri?" kata dokter "oohh,, tidak boleh, nanti tulangnya terbebani oleh tubuh". Dalam hati saya berkata, kenapa dokter tidak memberi tahu saya dari dulu...

b. Posisi Tubuh Ketika Duduk
Ketika duduk harus di kursi yang panjangnya dari pantat sampai lutut, agar tulang yang patah tersangga dengan baik. Tumpuan berada pada lutut. Tulang yang patah tidak boleh terbebani/ jadi tumpuan. Jika posisi duduk tidak tepat tulangnya bisa bengkok. Jika kursinya tidak panjang, tumpuan dimaksimalkan pada pantat dan lutut, jadi yang kebagian tempat di kursi hanya pantatnya saja.

c. Ketika ke Kamar Mandi
Selama 1 bulan pertama setelah operasi sebaiknya jangan terlalu banyak bergerak untuk mempertahankan posisi tulang. Selanjutnya bisa mulai memakai tongkat sesuai petunjuk dokter atau fisioterapist.
Keperluan ‘ke belakang’ seperti BAK, BAB dan juga mandi sebaiknya dilakukan di tempat tidur pada bulan pertama. Untuk BAK dan BAB bisa menggunakan pispot. Untuk mandi cukup dilap saja. Hal ini karena luka operasi belum kering sehingga tidak boleh terkena air.
1-2 bulan setelah operasi baru aman untuk ke kamar mandi, karena luka sudah kering dan rasa sakitnya sudah agak berkurang.

Ketika ke kamar mandi harus sangat berhati-hati. Jangan memakai tongkat ke kamar mandi, karena lantainya licin, dikhawatirkan bisa terpeleset. Jika sampai terpeleset, tulang bisa jadi bengkok, malah patah lagi sehingga harus dioperasi ulang. Kata dokter yang menangani saya, ada beberapa pasiennya yang terpeleset di kamar mandi mengakibatkan tulangnya patah lagi sehingga harus dioperasi ulang.
Jika kaki sudah boleh ditapakkan (sekitar 3 bulan setelah operasi), sudah cukup aman untuk menggunakan tongkat di kamar mandi, tentunya dengan penuh hati-hati. Jangan sampai terpeleset!

Jika menggunakan kloset duduk, sangga lutut dengan tangan, sama seperti posisi duduk, tumpuan harus berada di lutut. Jika menggunakan kloset jongkok, bisa dalam posisi duduk, atau jongkok tapi kaki yang patah diluruskan, tidak ditekuk agar tidak terbebani bobot tubuh.

Ketika mandi disiasati saja sebisa mungkin. Saya sendiri biasanya suka duduk di bangku kecil yang terbuat dari plastik dan kakinya diluruskan lalu disangga juga dengan bangku kecil yang tingginya sama atau dengan menggunakan baskom, pokoknya jangan sampai tulang yang patah terbebani/jadi tumpuan.

d. Ketika Naik Turun Tangga
Jika kakinya belum boleh ditapakkan/ditekan ke lantai sebaiknya jangan dulu melakukan aktivitas naik turun tangga, dikhawatirkan posisi tulang akan berubah karena goncangan.
Tapi jika sudah boleh ditapakkan (biasanya sekitar 3 bulan setelah operasi), naik turun tangga diperbolehkan asalkan dengan cara yang tepat dan jangan terlalu sering. Caranya bisa dilihat di Cara Menggunakan Tongkat dengan Benar dan Video Tentang Cara Menggunakan Tongkat

2. Penggunaan Tongkat yang Benar
lihat Cara Menggunakan Tongkat dengan Benar


3. Nutrisi
Untuk pertumbuhan tulang, perbanyaklah makanan yang mengandung banyak protein dan kalsium seperti : daging, ikan, telur, udang, tahu, tempe, dan ceker ayam. Pilihlah susu yang kandungan kalsiumnya tinggi. Kandungan gizi dapat dilihat pada kemasannya. Susu diminum sebanyak 2-3 gelas sehari.
Aturlah porsi makan dengan memperbanyak protein dan mengurangi karbohidrat. Menu makanan sebaiknya jangan yang digoreng karena mengandung banyak lemak. Sebaiknya proses pengolahannya dengan cara dikukus, direbus atau dibakar. Hal ini agar berat badan tidak naik drastis. Fungsi tulang paha dan tulang kering adalah sebagai penopang tubuh. Bila badan terlalu berat akan terlalu membebani tulang, dikhawatirkan tulang jadi bengkok karena masih rapuh.
Contoh menu makan :
Nasi 6-8 sendok
Pepes ikan
Tahu tempe bacem
Sayur bayam
Susu 1 gelas
Jeruk

Sebaiknya ditambah dengan suplemen yangmengandung kalsium dan vitamin D untuk mempercepat pertumbuhan tulang dan untuk jaga-jaga bila sudah eneg minum susu. Bisa ditanyakan pada dokter atau mencari sendiri. Saat ini sudah banyak suplemen-suplemen yang dijual di pasaran.

4. Minum Obat Sesuai Anjuran Dokter
Biasanya dokter akan memberikan antibiotik, obat anti nyeri, obat anti inflamasi (anti bengkak) dan obat penurun panas. Antibiotik harus diminum sampai habis untuk mencegah infeksi, jika terkena infeksi pengobatan akan lebih rumit lagi, perlu penanganan yang lebih serius. Obat antinyeri bisa diminum sesuai apa yang dirasakan, jika terasa nyeri diminum, jika tidak terasa nyeri tidak diminum juga tidak apa-apa. Obat anti bengkak diminum selama masih bengkak, jika sudah tidak bengkak tidak perlu diminum lagi. Obat penurun panas diminum jika terasa demam. Jika selama beberapa hari setelah operasi terasa demam, itu merupakan reaksi tubuh yang wajar, namun jika demamnya berkepanjangan dan sangat tinggi, perlu diwaspadai, dikhawatirkan infeksi, konsultasikan saja dengan dokter.

5. Berjemur
Berjemur sangat penting untuk memperoleh asupan vitamin D yang sangat penting untuk pembentukkan tulang. Walaupun tubuh mendapat asupan kalsium yang cukup, namun tetap memerlukan sinar matahari agar penyerapannya optimal. Waktu berjemur yang paling baik adalah di pagi hari pukul 7-9 dan sore hari pukul 3-5 selama 15 menit. Setelah jam 9 biasanya panas matahari lumayan menyengat, kurang baik untuk tubuh.

6. Dukungan Moril
Orang yang mengalami patah kaki akan mengalami hambatan dalam melakukan aktivitasnya. Biasanya lebih banyak diam karena tidak boleh banyak bergerak untuk mempertahankan posisi tulang. Hal ini tentunya akan menimbulkan dampak psikologis seperti rasa bosan/jenuh. Untuk mengatasinya, bisa dengan memberikan fasilitas internet baik melalui handphone atau komputer/laptop, membelikan/membuatkan makanan/minuman favorit, memberikan hadiah, mengajak ngobrol, mengajak jalan-jalan ke taman (dengan menggunakan kursi roda atau tongkat jika sudah cukup kuat).
Jangan sering melamun, banyak-banyaklah berdoa dan mengaji.
Harus berpikir positif. Yakinlah bahwa dibalik musibah ini pasti banyak hikmahnya. Dan yakinlah bahwa Allah akan memberikan kesembuhan.
Dukungan keluarga sangat penting. Tunjukkan/katakan bahwa keluarga tulus merawat pasien dengan penuh kasih sayang, agar tidak membebani perasaan pasien. Karena biasanya muncul pikiran negatif bahwa dia hanya menjadi beban dan selalu merepotkan.

48 komentar:

  1. Halo mimil, salam kenal. Saya mau cerita sedikit. Dari awal saya terkena patah tulang (sekitar 3 bulan lalu) saya sudah baca blog kamu tentang tahapan penyembuhan. Saya cukup miris karena kamu harus mengalami beberapa kali operasi. Jadi saya cukup berhati-hati dalam bergerak. Tapi kadang,ketika sudah merasa sehat, semua hal itu terlupakan. Dua hari yang lalu,hal yang semua orang khawatirkan terjadi. Saya terpeleset di kamar mandi dan paha saya langsung melengkung. Sudah tidak diragukan lagi, pen nya bengkok. Saya masih takut untuk menemui dokter, karena pasti harus dioperasi ulang, jadi saya menemui ahli tulang yang telah berpengalaman menangani kasus seperti ini. Kaki saya ditarik dan di press dengan harapan bisa lurus lagi tanpa dioperasi. Well, sekarang saya cuma bisa berdoa dan belajar disiplin :)

    BalasHapus
  2. halo juga uland :)
    saya turut prihatin atas jatuhnya km sehingga tulangnya jd bengkok. saran sy setelah berobat ke alternatif dironsen aja biar tau posisi tulangnya pas atau tidak,, skr hrs lebih berhati2 lg ya,, sy juga kadang masih was2 walaupun sudah bisa jalan, sudah 2 tahun dari operasi yg terakhir. sy hrs tetap berhati2. jangan sampe jatuh lagi ya ulan, smg mendapat kesembuhan yg sempurna, insyaAllah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kaka mw nanya sy zola umur 18 thn , kaka saya abis operasi tulang yg paha tpi ada serpihannya sampai skrng dan cmn di gip total pada kaki . apakah nantinya bisa nyambung dan pulih seperti semula ? Dan bisa buat olahraga seprti voli dan lari tdk krena sy jg seorang atlet ?? Mkasih kak

      Hapus
  3. Hai mimil
    seminggu yg lalu sya mngalami kcelakaan dan patah tulang, posisi nya sama sperti kmu bagian paha sbelah kiri
    nah sya tuh bkan d operasi namun prgi k ahli tulang alternatif juga dan kaki sya d lapisi kayu dari bagian atas bawah kiri kanan paha
    apa gak ada pngaruh nya sperti tertekan sprti yg kmu share itu
    mnurut kmu apa hal yg harus sya lakuin agar kaki sya bisa d ktakan kmbali sperti dlu lgi
    dan makanan apa yg bagus sya knsumsi trus ada pantangannya gk?
    Thanks

    BalasHapus
  4. menurut sy pribadi sah2 aja berobat ke alternatif mas, krn kesembuhan itu hakikatnya dr Allah. tp ttp qt mesti bnr2 memahami kondisi qt n qt sebaiknya kritis.
    saran sy selama 2 minggu-sebulan bedrest aja, jgn bnyak bergerak, trus pasca 1-2 bulan dironsen biar tau sambungan tulangnya pas atau tidak.
    dijaga aja mas kaki mahalnya. mudah2n sambungannya pas....
    ga ada pantangan, makanan yg bgs yaitu daging ayam/sapi/kambing, ikan, telur, keju, susu, ceker, tahu, tempe dll.

    BalasHapus
  5. hai mimil,salam kenal ya..q jg pengen berbagi.kakiq jg patah di paha kiri krn kecelakaan.dah setahun lbh.dr akhir tahun 2011.akhir 2012 pen q patah,gatau kenapa. padahal q ga jatuh.wktu itu q dh pke teken,dah lepas tongkat.tp karena pen q patah,q hrs operasi lg.dan sekarang kembali dari awal q pke 2 tongkat lg.sedih rasanya..dh hampir 1,5 tahun kq ga sembuh2 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba hety maaf baru baless,, mungkin pen patah itu karena sebenarnya tulang mba belum kuat untuk menopang badan, atau mungkin krn mba terlalu banyak aktivitas,, mesti lebih hati2 mba,, biar lambat asal selamat hehe #just my opinion

      Hapus
  6. terimakasih artikelnya... ini bermanfaat bagi ibu saya yang patah tulang.... mungkin ibu saya agak lama penyembuhanya sebab tulang ibu saya remuk. kaki kanan 5cm diatas lutut....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm sy turut prihatin,, faktor usia memang mempengaruhi lamanya penyembuhan, apalagi kalo smp remuk begitu,, tp ttp harus yakin ibu mas guruh bisa sembuh,,, semangat!

      Hapus
  7. Patah kaki saya tu bkn patah lurus mil, mlainkan patah nya miring
    saya udah 1 blan stngah namun kata yang mengobati saya, kaki nya jangan di tekan dulu karna bisa" jadi pincang karna msih blm kuat
    mank ada beda nya y patah miring sama patah lurus gtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya tulangnya "keluar jalur" gitu ya? lha aq jg krg ngerti apa yg mas adrian maksud, gabung d grup SEHATI aja mas, trus uplod foto ronsennya, biar kelihatan kondisi tulangnya kyk gimana. semoga skr sudah banyak kemajuan, atau malah sudah bisa berjalan seperti biasa?

      Hapus
  8. halo mimil.
    saya toni mau nanya...kaki saya patah di betis karena ti gips da sekarang sudah 1 bulan lebih..
    ternyata paha saya menjadi kecil. ntar bisa jadi seperti semula atau tidak paha saya yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas toni,, dilatih aja,, latihan penguatan otot paha n latihan untuk menambah massa otot paha, perbanyak konsumsi protein n kalsium.

      Hapus
  9. 2bln 10hri yg lalu, tulang kering saya patah. Saya ga d rontgen, krn ktrbatasan biaya saya k dukun patah tulang. Rasa sakit cm pd pertama d urut krn ada pembengkakan, tp stlh itu ga ada rasa nyeri. Tp dah 2bln lbh ini saya blm jg smbuh, mau bljr jln msh tkut. Krn klo kaki d tekan rasanya skt. Jd saya ga paksakan. Thx ya dah share

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas deka udah gabung di grup SEHATI ya,, mas deka sy sarankan dironsen aja, biar tau kondisi tulangnya seperti apa, apa nyambungnya lurus atau ngga,, mudah2n ada biaya untuk ronsen, ada kemauan pasti ada jalan, semangatt,, semoga nyambungnya lurus...

      Hapus
  10. Sama saya juga patah tulang paha sebelah kiri. Udah 2 bulan 1 minggu nih untung gue baca postingan ini. Krna gue jg hoby tidur miring kiri pantas aja ni tulang kaga nyambung-nyambung :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ayo segera diperbaiki posisi2 tubuh yg ga tepat hehe, semangat terus untuk menuju kesembuhan!

      Hapus
  11. Hai... Salam hormat mimil. Saya pernah operasi pasang pen di lutut kanan krn kecelakaan motor. Saat ini banyak pertanyaan yg ada di kepala saya, saya harap mimil sabar yah. Salah satunya pertanyaan saya... Apakah bisa saya berlari lagi seperti dulu?

    BalasHapus
  12. Bermanfaat bgt mbak, tapi sayangnya saya baca blog ini setelah melihat hasil rontgen ke 2 kemarin lusa, tulang kering kaki kiri sudah membaik tapi tulang kaki saya yg kecil sudah mulai membengkok :((

    BalasHapus
  13. Salam kenal mbak saya yudi 27 tahun. 4 tahun yang lalu paha kiri saya patah karena kecelakaan dan dipasangi pen. Masa penyembuhan saya lama 1,5 tahun karena dalam waktu itu dilakukan sampai 3 x operasi karena kurang penanganan dari dr. yang menangani. Singkat cerita sekarang aku udah bisa jalan lagi namun kaki kiri jadi panjang sebelah mungkin karena penyembuhannya yang memwkan waktu lama. Yang mau coba saya tanyakan kira2 kaki saya bisa seimbang lagi gak sementara pen masih menempel,gimana caranya? Apakah bisa memakai bantuan alat peninggi? Makasih atas perhatian n jawabannya

    BalasHapus
  14. Hello mimil dan teman2..wah sepertinya kt senasib nih.. Saya feb tahun lalu sempet mengalami kecelakaan fatal di bali..dengan kondisi hidung patah, tengkorak bawah mata kiri retak, rahang kiri copot dan paha kiri kurang lebih hampir sama kondisinya dengan mimil..patah dan remuk. Saya harus melewati 3 kali operasi.. stelah setahun berjalan utk pemulihan dan memakai tongkat ternyata baru kelihatan tulang mangkuk saya patah.. banyak yg bilang itu keteledoran dokter krn tidak merontgen area sekitar dari tulang saya yg remuk (pertengahan paha sampai lutut).. Singkat cerita saya kembali di operasi di solo (RS Orthopedi) utk implan tulang mangkuk dan restruktur tulang yg sempat di operasi di bali.. Penanganan RS Orthopedi sangat memuaskan dan informatif.. Saya di sarankan utk tidak minum soda (coca cola, beer), alkohol (yg satu ini butuh perjuangan buat saya hehehe) dan kopi krn dapat menhambat pertumbuhan tulang.. Saya sangat setuju dengan point2 dari mimil.. terutama dukungan moril.. Dan yg terpenting mental kt sendiri utk menyikapi musibah yg terjadi.. Shit happen but life must go on :) sampai saat ini saya msh pakai tongkat dan belum tau kapan waktu pastinya utk lepas tongkat tp saya tetap bersyukur krn saya masih bisa menikmati hidup, melakukan aktivitas harian walau harus berhati2. yah dinikmati saja krn saya percaya bahwa pencobaan2 yg kt alami adalah pencobaan biasa dan tidak melebihi kekuatan kita. Oya ikan gabus bermanfaat banget tuh utk masa recovery kita.. itu yg saya rasakan..

    BalasHapus
  15. Teman2 maaf saya jarang buka blog karena kesibukan, jika ada pertanyaan silakan gabung ke grup SEHATI (Sekumpulan Sahabat Patah Tulang Kaki) di facebook. Disana ada banyak teman2 senasib, sekarang anggotanya sudah 600 lebih. Sebelum gabung, tolong inbox para admin ( ketiga-tiganya ) yaitu mas Warzuqni Fahman ( https://www.facebook.com/wfahman ), mba Anna Puspita ( https://www.facebook.com/seelost.anna?fref=ts ) dan saya sendiri Mila Kurniawati ( https://www.facebook.com/mila.kurniawati2 ). Dengan format Nama, Alamat, Jenis Patah Tulang, Jalur Pengobatan ( Medis/Alternatif), Tanggal Kejadian, Kronologi Kejadian, dan Kondisi saat ini. Terima kasih,, ditunggu sharingnya :)

    BalasHapus
  16. Hy para temen2 yg senasib..sya simon. Pngn berbagi cerita sya patah kaki femur(paha) kanan dan kiri udah jln 7 bulan.tapi utk tulang sebelah kiri mengalami bengkok pen dan tulangnya. Hal ini mngkin terjadi krna posisi tidur keseringan kekiri karna saat kclakaan kaki kanan sya lebih parah kondisinya remuk dan tulang nya keluar.alhmdulilh saat ini sudah bisa pake tongkat tapi terasa bget pincangnya.slama 3-4 bulan prtma prtumbuhn tulangnya agk lama utk kaki kiri,bhkan seprti belum mnglami pertumbuhan,tpi mlh bgus pada pertumbuhan tulang kaki kanan. Pen dan tulangnya sudah tumbuh dibalut tulang baru.namun selama 2 buln saya minum susu brklsium tinggi dgn takrn lebih bnyk. Yg tdi nya 3-4 sendok sya buat jd 5-7 sendok 3 x shri. Krna kta dokter prtumbuhn tulng sya ckup lma,slama 2 bulnan sya mnum dgn tkrn yg lebih tsb alhmdulilh pertumbuhn tulng kaki kiri sya sudh bgus sperti kaki kanan. Sarn sya buat tmen2 yg rjin minum susu dn mkn mknan yg brklsium tinggi.dn jgn brpikirn negatif dn sllu enjoy. Wlwpun kta udah gk kyk dlu lgi, kt org jd mnusia besi,pincang, tpi masa depan yg indh udh ad dsiapin tuhan buat kita. Buktinya yg biasa nya kta full actifity,kta dksi istirht total, tmbh diperhtiin ma kluarga pa lgi ma pacarnya ,,, aakkhhihihihihi,,,,,,,
    Keep spirit guys,,, ckup patah tulang aja, jgan ampe patah semangat buat sembuh ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam semangat untuk semua
      saya telah patah tulang dan operasi 7 bulan lalu.mulai berlatih lepas tongkat sudah 3 bulan pasca operasi, kini saya sudah mulai bisa bersepeda. masalah yang masih diperbincangkan semua adalah cara berjalan saya, meski telah berlatih semampu saya, menurut semua yang memperhatikan saya jalan saya masih buruk. mohon solusi cara jalan yang benar dan baik bagi para penderita pasca operasi patah tulang bagaimana??
      terima kasih

      Hapus
  17. aslmkm
    mba mau nanya, sudah 7 bulan yg lalu bpk sya d'pasang pen. Skrng kluar nanah trus luka'y skrng bengkak. Itu gmn mba?

    BalasHapus
  18. halo Mbak...
    baru aja bulan mei tgl 8 kmrn saya kejatuhan motor akhrnya harus operasi dan pakai 3 pen krn tulang jariku geser dan ada yg retak...baru tgl 5 Juni jahitan di sebelah kiri di buka lah yang sebelah kanan tmptnya pen sdh bersatu jadi tidak bisa dibuka. lah setiap kali makan tongkol beberapa hari ini gatel sekali dan saya tiap hari dsruh terapi sendri dgn dokernya mlah pergelangan kakiku sakit dan narik2 gt.
    emang ada menu pantangan dan ada menu makanan yg baik utk luka jahitan cpt sembuh dan tulang kaki cepat nyambung?saya msh blm berani mandi jd msh seko di kamar dan BAK di kamar tapi BAB saya paksa ke kamar mandi.
    makasih..saya tunggu sharing dan saran dari tmn2 yg lain

    BalasHapus
  19. kak, aku mau tanya nie...??? Ceritanya aku baru kecelakaan, dan kaki ku patah tepatnya di bawah lutut kurang lebihnya 10 cm di bawah lutut...
    Yg saya mau tanyakan, Kan bekas luka jahitan udah kering akan tetapi ada daging di atas PEN/besi penyambung tulan itu warna merah dan kalo di pegang terasa nyeri...???
    Itu kenapa yaa...???
    Dan apa yg sebaiknya aku lakukan

    by. J.K Jingklong Koplakkk

    BalasHapus
  20. yth.
    MIMI

    . saya asri alwing dari makassar sul-sel saya mau konsultasi gini saya
    abis kecelakaan tepatnya pda tggl 06-08-2014 sampe skrang alhamdulilla
    saya bisa berjalan tetapi kaki saya ngga bisa bengkok normal cuma dikit
    aja bengkoknya gimana tuh dok trus kata dokter dari RS.wahidin mkssr,
    mengatakan cuma kaku truus hampir 3 bulan saya abis kcelakaan ngga bisa
    bengkok dok kaki kiri saya , tks.

    BalasHapus
  21. Hay, mimi saya juga kecelakaan tulang kering saya sebelah kanan patah dan pasang pen... Setelah buka pen setahun kemudian kaki saya suka bengkak kalau aktivitas terlalu cape, kamu sama nggak seperti yang saya rasain?

    BalasHapus
  22. aslkum mimi,
    salam kenal drku. saya juga teman sehati, kaki paha ku patah tulang dan pennya bengkok. dokter lgs ksih saran operasi ulang tp aku puny bnyk pertimbangan untuk tdk operasi. kalo resikonya cacat dan kakiny pincang aku udah bisa terima.
    gmn cara join grup sehati??
    matur nuwun

    BalasHapus
  23. Saya mengalami patah tulang paha kiri hampir 1,5 bln yg lalu, dan dioperasi di RSUI KUSTATI - Solo, ditangani dokter, DR.Tundjung. rekomendasi buat rekan2 senasib yg mau operasi, biaya terjangkau, perawat ramah2, pelayanan memuaskan/profesional, apalagi dokternya sudah sangat terkenal, menangani kasus2 berat.. smoga bermanfaat..

    BalasHapus
  24. Admin kaki saya patah dipaha saya sekarang dirawat di sangkal putung saya masihragu dengan pengobatan alternatif tapi kata ortu banyak pasien yg sembuh dirawat disitu terus aku harus bagaimana sodara

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah bagus & baik pesan ini ,,,memotifasi fikiran untuk diri saya ,,terima kasih saya ucapkan untuk kakak yg udah berbagi ilmu ,,, :-)

    BalasHapus
  26. selamat malam admin. mau tanya nih, kok tumit saya terasa nyeri dan panas kenapa ya? baru hari ini sih menginjak hari ke 7 setelah pasang gips. sebelumnya saya mengalami patah tulang fibula dekat ankle. terima kasih

    BalasHapus
  27. Mau nanya mas saya dulu patah kaki bagian paha kanan terus dengan seiring.nya waktu udah 7 bulan lebih dikit kaki ku masih agak sakit tpi bagian pantat nya mas tolong bantu ya kok bisa masih sakit . Terimakasih asalamualaiku

    BalasHapus
  28. Mau tanya nih , sekarang aku udah dalan tahap penyembuhan , apakah saya sehat nanti saya bisa berlari

    BalasHapus
  29. saya pun pernah patah tulang paha kanan,dan telapak kaki kanan tertindas mobil,kdng saya merasa prustasi sama penyakit saya,krna kki saya panjng sebelah ������

    BalasHapus
  30. Kak mimil.. Saya jg baru aja patah tulang kaki.. Aq mau tanya.. Besok klo dah sembuh aq bisa berlari ga....

    BalasHapus
  31. Kak mimil.. Saya jg baru aja patah tulang kaki.. Aq mau tanya.. Besok klo dah sembuh aq bisa berlari ga....

    BalasHapus
  32. Assalamu'alaikum ..
    Min saya jg salah satu pasien patah tulang,tapi saya patah 3 bagian dikaki kanan dari pahak,trus dibawah lutut patah nya 2 bagian,selepas dari kejadian itu ini udah memasukin bulan ke6 apakah saya bisa berjalan seperti dulu lagi ? Kira" berapa bulan lg min ?

    BalasHapus
  33. Hai mba...slam kenal semua..sy baru saja keluar dr rmh sakit..mengalami patah tlang kering sblh kanan...dokter sy bilang hindari dulu makanan yg berasal dr laut....kalo suka bebek....makan aja...bebek...kalo doyan daging di blender...kalo gak doyan ya di goreng aja....

    BalasHapus
  34. hai..mba
    mau tanya dong,1minggu yg lalu saya habis operasi pasang pen pada pergelangan kaki saya..
    danternyata sampe skrg bengkaknya masih ada dan warnanya itu biru kehitaman sepertinya itu darah yg mengumpul,
    kira2 untuk ngurangin/ngilangin bengkaknya itu gimana ya?minimnya penjelasan dr dokter shngga gak tau apa yg hrus sya perbuat.
    dan lagi..
    ada kaki saya belum bisa sempurna dalam artian posisi telapak kaki saya masih belum bisa lurus menapak ke tanah,apakah itu kondisi yg wajar atau gimana?
    banyak yg bilang coba digerakin pelan2 supaya bisa sampe normal kembali.
    mohon pencerahannya dong..
    trims...

    BalasHapus
  35. hai..mba
    mau tanya dong,1minggu yg lalu saya habis operasi pasang pen pada pergelangan kaki saya..
    danternyata sampe skrg bengkaknya masih ada dan warnanya itu biru kehitaman sepertinya itu darah yg mengumpul,
    kira2 untuk ngurangin/ngilangin bengkaknya itu gimana ya?minimnya penjelasan dr dokter shngga gak tau apa yg hrus sya perbuat.
    dan lagi..
    ada kaki saya belum bisa sempurna dalam artian posisi telapak kaki saya masih belum bisa lurus menapak ke tanah,apakah itu kondisi yg wajar atau gimana?
    banyak yg bilang coba digerakin pelan2 supaya bisa sampe normal kembali.
    mohon pencerahannya dong..
    trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl saya pakai zheng gu shui sama the musk fracture bone bisa didapat di toko obat cina

      Hapus
  36. kak ada tips gak biar bisa cepet jalannya, aku pengen cepet cepet aja bisan jalan, *huft* saya tipe orang yg gak bisa diem soalnya

    BalasHapus
  37. Kalo untuk alat; apa yg bisa membantu penyembuhan ya..?

    http://perbanelastis.blogspot.co.id/p/orthocrepe.html

    BalasHapus
  38. Kalo untuk alat; apa yg bisa membantu penyembuhan ya..?

    http://perbanelastis.blogspot.co.id/p/orthocrepe.html

    BalasHapus

Ayo bagi pengalamanmu dan tanggapanmu ^.^