Jumat, 10 Juni 2011

Tahapan-tahapan Bergerak Pasca Operasi Patah Kaki

Hal ini tentunya menjadi banyak pertanyaan bagi para penderita patah kaki. Untuk itu saya akan membagikan pengalaman saya saat ini. Saya sendiri sudah melewati 4,5 bulan setelah operasi.
Selama 1 bulan pertama sebaiknya jangan banyak bergerak, lebih banyak diam di tempat tidur atau dengan menggunakan kursi roda. Dan sesekali belajar berdiri (sambil berpegangan), namun tumpuan ada pada kaki yang sehat, kaki yang patah jangan dulu dibebani.

Pada bulan kedua baru boleh mulai belajar menggunakan 2 tongkat, kaki yang patah tidak boleh ditapakkan/ditekan (agar tidak terbebani bobot tubuh) saat berjalan. Jadi kaki yang patah itu diangkat sedikit. Pergerakan seperti ini selama 2 bulan.

Pada bulan keempat biasanya dari hasil rontgen terlihat proses penyambungan sudah cukup signifikan, sehingga kaki yang patah boleh mulai diberi sedikit beban. Saat berjalan, kaki yang patah boleh ditapakkan tetapi jangan dulu terlalu ditekan, ditekan sedikit saja, kekuatan bertumpu pada tangan yang memegang tongkat.

Pada bulan kelima tekanan mulai ditambah. Jadi pada saat berjalan kaki yang patah boleh lebih ditekan. Dan tumpuan pada kedua tangan yang memgang tongkat sedikit dikurangi. Saya sendiri sekarang sudah mulai belajar naik turun tangga.

Pada bulan keenam bisa melepas 1 tongkat, dan tekanan pada kaki yg patah bisa ditambah lagi. Sehingga lebih leluasa saat berjalan.

Pada bulan ketujuh proses penyambungan sudah semakin baik dan sel-sel tulang yang baru cukup memenuhi ruang antar segmen tulang yang patah. Sehingga bisa mulai melepas 1 tongkat lagi dan mulai belajar berjalan tanpa tongkat. pelan-pelan saja, sedikit-sedikit, jangan terlalu dipaksakan. Saya sendiri dulu (saat mengalami patah kaki pertama kali) perlu waktu 1 bulan sampai benar-benar bisa lepas dari tongkat dan saya berani bepergian tanpa tongkat.

Tentunya akan lebih baik jika sambil dikonsultasikan dengan dokter yang menangani anda, karena kondisi setiap pasien berbeda-beda, tingkat keparahan dan posisi patah kaki berbeda-beda. Sehingga proses penyembuhan ada yang lebih cepat, ada yang sesuai penjelasan di atas, ada juga yang lebih lama.

Untuk lebih jelasnya lihat video ini


Semoga bermanfaat.....

46 komentar:

  1. maaf baru balas,,
    kalo membengkak selama sebulan pasca operasi atau pasca kejadian patah itu wajar sebgai reaksi tubuh, tapi jika keluar cairan yang seperti itu dikhawatirkan pertanda infeksi, harus diberi tindakan lebih lanjut misalnya diberi antibiotik, silakan konsultasikan dgn dokter anda.

    BalasHapus
  2. aku mengalami patah tulang paha kaki kanan , sudah 3 minggu setelah kecelakaan tapi aku masih blum bisa beranjak dari tempat tidur , dan terkadang sehabis bangun tidur kakiku terasa nyeri mungkin karena terjadi gerakan yang tidak sengaja ketika tidur.
    apakah hal yng saya alami aalah hal yg wajar?

    BalasHapus
  3. saya mengalami patah tulang pada kedua kaki karena kecelakaan tahun 2009, hingga saat ini saya masih belum bisa berlari, mungkin karena dulu saya tidak pernah sekalipun ikut terapi apapun, mungkin ada saran buat saya agar saya bisa berlari lagi, saat ini saat berusia 34 thn, ty

    BalasHapus
  4. Sebaiknya konsultasikan dengan fisioterapis mas, pemain bola yang patah kaki kan banyak yang bisa lari lagi seperti sediakala, karena mereka suka difisioterapi.

    BalasHapus
  5. Mba, Lutut sya kaku, hanya bisa di tekuk 35 drajt.
    Sudah 4 kali terapi di RSHS bndung pi ga ada perubhan. Dan tiap terapi cuman di ksih tau aja gerakn2nya. Pling juga 10 menit terapi tiap pertemuan.

    BalasHapus
  6. mending <oba ke rs lain atau tempat fisioterapi yg lain aja. kalo sy dl d rs al-ihsan baleendah sama pa haris

    BalasHapus
  7. Patah kaki paha udah 8 tahun tapi belum normal 2x operasi pasang pen,yang terakhir terpeleset dilantai dan pen agak bergeser,,,saran dokter harus ganti pen tapi coba pengobatan alternatif dulu

    BalasHapus
  8. ayo gabung d grup SEHATI di fb mas biar bisa sharing sm temen2 yg senasib.
    sudah dipasang pen bukan berarti bebas melakukan apa saja, kita harus tetap menjaga kaki kita agar tdk terpeleset, jika terpeleset posisi tulang kemungkinan besar jadi bengkok/bergeser, malah bisa patah lagi.

    BalasHapus
  9. umur saya 17th,saya patah tulang kering,sudah 3 minggu,bisa untuk berdiri,yang saya tanyakan dengan umur saya yg masih muda,kapan saya bisa berjalan lagi?? mohon infonya...

    BalasHapus
  10. km msh remaja, insyaallah sembuhnya bisa lbh cepat, sekitar 3-6 bulan km bs jalan tnp tongkat. skr hrs hati2, hrs dijaga tulangnya biar proses penyembuhan tdk terganggu....

    BalasHapus
  11. apakah dengan umur saya yang masih muda harus melepas tongkat dalam waktu yang relatif agak lama(3-6bln),karena teman saya ada yg bisa lepas tongkat hny dlm waktu sebulan dengan patah tulang di bagian tulang kering....

    BalasHapus
  12. patah di bag tlng kering relatif lebih cepat sembuhnya. patah kaki itu harus dijalani dgn sabar, jgn terburu-buru, jika terburu2 bisa2 tulangnya bengkok atau malah patah lagi, tambah berabe, tambah biaya, Tingkat keparahan juga mempengaruhi, mungkin saja temenmu itu retak, tidak sampai terputus kontinuitas tulangnya, jadi ga bisa dipukul rata. Ada banyak faktor.

    BalasHapus
  13. elysa wildayana6 April 2013 15.27

    Ass, sy fraktur komplet lama paha kiri sdh 3 mnggu sy dirawat di alternatif patah tulang, sy sdh bljar berdiri dna jalan menggunakan tongakat, trnyata ckp sulit mnggunakan tongakat krna butuh keseimbangan badan yg cukup, sy cukup gregetan jg kok sy gak bs sih ucap sy dlm hati..kira2 brapa lama fraktur bs lepas tongkat? Tapi sy ttp semangat, insyaallah kita semua bs sembuh..amin..yg trpnting kita harus ttp berusaha dan berdoa..buat tmn2 ttp semangat y..slm kenal buat smua :)

    BalasHapus
  14. wslm skr gmana mba kondisinya? saran sy setelah 1-2 bulan dironsen aja supaya mba tau persis kondisi tulangnya, sambungannya pas atau tdk, mudah2n pas y mba...
    mmg lumayan berat mba pas memakai tongkat, hrs menjaga keseimbangan. yup betul mba terus semangatt :)
    kalo patah paha sekitar 5-6 bulan mba.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wr.wb
    Maaf, saya patah tulang pada tulang paha (femur), pada waktu pngobatan, saya sudah belajar jalan hari ke 20, tulang terasa nyambung padat pas 2 bln, pas saya blajar tongkat 1 saya terjatuh, dan tulang yg sudah nyambung patah lagi, terdengar suara patahann :( .
    Kira" utk pemulihan tulang patah yg ke 2, pada patahan tulang yg sama, lebih lama/sama saja ya??

    Nb: saya berobat pada alternatif karena kesulitan biaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam,, duhh linu denger ceritanya :(
      untuk pemulihan yg kedua tidak jauh berbeda, sama saja, tapi harus lebih berhati2,, karena kekuatan tulang sudah menurun...

      Hapus
  16. ass wr wb,saya faza umur 24 mau tanya dok,tulag kering kaki besar dan kecil kaki kiri saya patah sudah 6 bulan,tapi mash harus jalan pakai tongkat,apakah saya bisa normal kembalisepertibermain futsal dan membawa mobil manual dok??pergelangan kakikiri saya agak sakit kalo sayapakai jalan yang kiri ini knapa dok?apakah hanya awal awalsaja?mohon jawabannya dok,terima kasih banyakkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr. wb. saya bkn dokter hehe,, cuma ex pasien aja.
      insyaallah bisa, contohnya para pemain bola kan ada yg patah trus bisa main bola lagi, termasuk jg mengendarai mobil. Pergelangan kaki kiri termasuk bagian engkel kt temen saya, wajar kalo msh skt krn otot2nya tegang, jd mesti dibantu dgn fisioterapi, hanya awal saja, nantinya akan biasa lagi asalkan rajin fisioterapi baik d rumah maupun di rs.

      Hapus
  17. Umur saya 15tahun, saya mengalami patah kaki di bagian tulang yg besar dan yg kecil, sekarang sudah hampir 6bulan kaki saya patah, tetapi waktu di operasi tulang yg kecil tidak di sambung dgn pen hanya tulang yg besar saja di sambung dgn pen, apakah kira-kira kaki saya sekarang sudah bisa di gunakan buat berjalan? Trimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulang yg kecil tdk terlalu besar fungsinya saat berjalan, itulah knp dokter tdk memasang pen, asal ujung2 patahannya berdekatan, akan bisa nyambung lagi. Biasanya 6 bulan sudah bisa lepas tongkat, tp sebaiknya dironsen biar tau persisi perkembangannya seperti apa, coz tiap org beda2...

      Hapus
  18. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Mb,apa mb udh berjalan normal kembali...gmn rasanya apa ada perbedaan??sy udh 3,5bln pth tulang paha dan tangan..kl tangan c udh bs aktfts biasa..tp kaki sy msh pke tongkat dan udh ringan berjalan..apa setelah 6bln bnr2 bs lps tongkat mb???krna sy ingin sgra kmbli bekerja..krn t4 krj tdk memungkinkn menggunakan tongkat.Tks.
    وَعَلَيْكُمُ السَّلاَم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum,, krn ada sedikit masalah otot d belakang lutut dan kaki saya beda panjang 1 cm, jd blm normal bgt, msh ada pincangnya, naik trn tangga masih satu2 pula heuheu.

      tergantung kondisi tulangnya mas, sebelum 6 bulan jg bisa lepas tongkat kalo udh padat kalusnya, dironsen aja,, jd tau perkembangannya, mudah2n bagus....

      Hapus
    2. btw,, setelah lepas tongkat bkn berarti boleh lagsung beraktivitas kesana kemari lho,, mesti pelan2, bertahap, coz ada kasus udh lepas tongkat, tp krn aktivitas terlalu padat jd malah patah lg,,, ngeri kan,,,

      maaf bkn nakut2in, supaya lebih berhati2 aja.

      Hapus
  19. saya mengalami ptah tulang dibagian paha kiri atas satu bulan saya sudah menggunakan tongkat 3bulan berikutnya saya mengunakan 1 tongkat dan sekarang sudah berjalan 5 bulan tapi mengapa saya kelihatanya tidak bisa jalan normal lurus dan agak jenjang saya takut apakah proses yang saya jalani terlalu terburu-buru sehingga kini jalan saya terlihat agak jenjang kekiri apakah saya bisa berjalan normal seperti biasanya ...mohon saranya...saya juga jarang terapi atau ronsen yang saya takutkan proses pemulihan saya yang kurang benar dan terburu-buru

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa mas dioperasi atau lewat jalur alternatif? dari tahap2 pembebanan yg mas comptrick ceritakan itu tidak terlalu cepat,, namun kondisi tulang setiap pasien fraktur kan beda2, jd ga bisa dikira2 gitu aja,, jd sebaiknya dironsen.
      ketika baru lepas tongkat wajar kalo jalannya masih pincang, beberapa bulan jg jalannya bagus lagi, itu krn ototnya belum terbiasa.

      Hapus
  20. Ass.wr.wb. Saya mengalami kecelakaan pada bulan juni kemaren tepatnya tanggal 24 juni, dan langsung operasi, Dx : Open fraktur Cruris, setelah 1 bulan berjalan tepatnya tanggal 24 july kemaren saya kontrol, kebetulan ada pasien lain yg kontrol yang mengalami sama dengan kasus saya, dia malah 3,5bulan dan baru disarankan kakinya nempel sedangkan saya umur 1 bulan pasca operasi sudah bisa ditempel kakinya..... disarankan berdiri pake 2 tongkat tapi kaki yang patah hanya di tempelkan saja jangan diberi beban, karena berat saya 120kg jadi saya takut untuk menapakkan kaki saya, sekarang sudah 1,5 bulan pasca operasi, rasanya saya sudah bisa berjalan tapi masih takut tapi cuman pikiran saja yang agak sumpek karena harus setiap hari di ranjang :(

    kira2 berapa bulan yah sampai saya bisa sembuh kembali dan bisa berjalan normal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wslm wr wb. saran dokter berbeda2 disesuaikan dgn kondisi pasiennya mas, lama penyambuhan paling cepet 3 bulan, ada yg 4 bln, rata2 5-6 bln, yg lbh dari 6 bln jg banyak, tergantung perkembangan tulangnya mas. kalo saran sy, mas rohman diet hehe, tentu diet yg benar, agar nutrisinya ttp terpenuhi sehingga tidak mengganggu proses penyembuhan. berat badan mempengaruhi beban yg ditahan oleh tulang.

      Hapus
    2. sory baru bisa balas coment heheh...iyah saya juga pengen diet lah susah banget buat diet sementara ini dikarenakan masih duduk mulu ehehehe tapi sekarang saya sudah Alhamdulillah sembuh malahan sudah jalan tanpa tongkat padahal tanggal 24 bulan ini rencananya baru lepas tongkat pas 4 bulan pasca kecelakaan.... selama ada keyakinan untuk sembuh semuanya pasti bisa :)


      thanks sumbang sarannya

      Hapus
  21. mbak,,saya mau nanya nih, umur saya 17 tahun, bobot saya 135 kg..hehe.
    dan saya mengalami patah tulang di bagian tulang kering 6 bulan lalu dan sekarang bisa jalan normal..yang saya tanyakan,,
    1.apakah terlalu cepat bagi saya berjalan normal dan melepas tongkat setelah 6 bulan pasca operasi,,mengingat bobot saya yg luar biasa?
    2.apakah saya bisa berlari lagi?
    3.kenapa di bagian kaki yg di pasang pen,,terasa gatal2 dan kadang kala ada bengkak,,dan lama kelamaan bengkak itu mengeluarkan nanah,,dan saya sudah konsul ke dokter katanya gak da infeksi cuma alergi,,,memang waktu itu sebelum terasa gatal dan bengkak saya makan udang ,,apakah udang itu bisa memicu terjadinya alergi pada kaki saya?
    4.kenapa setelah sembuh dari alergi,meninggalkan bekas hitam di kaki saya dan bisakah kembali seperti smulla?
    5.apa saja pantangan makanan bagi saya supaya tidak terjadi alergi lagi ?
    mohon jawabannya ya mbak :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. saya kurang tau mba, tergantung hasil ronsennya, kalo udah bagus ya gpp. kalo saran sy diet aja mba, tp tentu diet yg benar agar nutrisinya ttp terpenuhi tnp mengganggu proses penyembuhan. aktivitasnya jgn yg berat2 dl mba,, n jgn dl naik turun tangga,, tunggu beberapa minggu lg

      2. insyaallah bisa mba, tunggu smp kira2 setahun aja, lebih tepatnya tanyakan sm dokter.

      3.ooh mungkin mba alergi dgn udang, dihindari aja mba,,

      4. mungkin bisa disamarkan dgn salep mba, seperti yg di iklan itu hehe

      5. apa mba alergi sm udang aja atau ada lagi yg lainnya? dicek aja mba makanan yg membuat mba gatal2 n bernanah.

      Hapus
  22. Saya Zahra, 39 th, 7 bln lalu sy jg mengalami patah d tulang kering kaki kiri saya, alhamdulillah stlh 4 bln, stlh kontrol rontgen ma dokternya dah boleh lepas tongkat, jadi 2 bln lebih cepat,

    Saya selain minum obat dokter juga obat cina - penyambung tulang plus vit. tulang jadi sy minum obat dkter, pagi ma sore ( 1 jam sblm makan), siang (ssdh mkan)dan malam minum obat chinanya ( kapsulnya berwarna merah ) harganya 1 botol sekitar 30 ribuan @ isi 30 butir, jd sy beli 4 botol. dan perhari saya minum 3 kapsul saja, di aturannya sih 3 s/d 5 kapsul. tgntung beraat badan..

    Begitulah pengalaman saya alias suka-dukanya..pernah patah kaki.
    sampai sekarang pen-nya belum dibuka.., padahal rencananya saya mau buka pen 2 minggu lagi.. duh jadi takut deh.., krn dokter bilang 9 bln dah bisa buka pen..

    Blog-nya bagus.. banyak info2 yang penting ttg Pengalaman patah kaki..

    BalasHapus
  23. 2 bulan yang lalu saya kecelakaan mengakibatkan Tulang paha,Tulang kering, & tulang betis patah. seluruhnya pada kaki bagian kanan.
    tulang paha hanya pada satu bagian, tulang betis menjadi dua bagian, & tulang kering satu bagian tapi ampe keluar (open tibia).
    saya belajar jalan pake tongkat pada hari ke-3 pasca operasi (rasanya sakit banget :P curhat dikit)
    sampai sekarang saya masih jalan pakai tongkat.
    nah saya mau menanyakan kira" saya dapat melepaskan tongkat berapa bulan lagi?
    apakah kaki saya juga akan ada perbedaan panjang dengan kaki kiri saya?

    BalasHapus
  24. Mb mimil sy cwe 24th saya patah tulang paha kanan patahanya ada serpihan.sy oprasi psg pen udh 8bln lalu...sy udh beraktfts biasa..tp jlnny ko msh jelek y....???msh kaku agk pincang...pdhl kakinya sm panjang..jd sy ptskn memakai tongkat 4kaki utk menyeimbgkn jln sy..kr2 kpn jln sy cntk lg mb???

    BalasHapus
  25. Umur sya 14 Tahun sya mengalami ptah kaki kanan saya dan tulang kecil dankering nya patah , sudah 2 minggu sya sudah berani berjalan dengn membawa beban tubuh sya , sya tidak dipen tpi pke gift , peertanyaannya apakah posisi tulang sya akan sempurna kembli/Tidak bengkok bila menopang tubuh sya ?

    BalasHapus
  26. Mbaak saya baru patah bagian tulang kering dua minggu yg lalu sy operasi plating.... Tp saat ini sy sdh d anjurkan jalan pake tongkat... Dan sy sdh bs jlan pake dua tongkat wlpn masi nyeri....
    Klo dlm wktu dua minggu sy sdh lancar pake tongkat apa sy bs lepas tongkat dlm wktu sebulan ya?
    Mhon pencerahannya :)

    BalasHapus
  27. mbak saya 4bln lalu saya kecelakaan, akibatya saya patah tulang paha n tempurung lutut bergeser k samping kiri, 1minggu pasca operasi saya disuruh dokter saya menggunakan tongkat padahal setelah baca artikel mb.mimi dlm kurun 1bln tdk blh bny gerak tp saya tdk hiraukan kata dokter n saya pake tongkat 1bln pasca operasi.....
    tp setelah d operasi knp lutut saya msh blm bs d tekuk y???
    apa memang begitu ato gmn?? trs kpn saya bs bawa motor sendiri lagi?

    BalasHapus
  28. Mba pergelangan kaki saya tulang yang kecil patah, terus tulang yang besarnya keluar dari daging.alhamdulillah udah dioperasi dan sdh memasuki waktu 1 bulan,kok pergelangan saya tidak bisa dilenturkan.itu gimana mba.?apakah dokternya weaktu operasi saya urat urat saya ada yang putus?solusinya gimana.trims

    BalasHapus
  29. Maaf saya bantu jawab yaa..dari pengalaman mbak..biasanya belum boleh lepas tongkat dulu kalau belum 4 bulanan, krn takut sambungan tulangnya belum kuat.. nanti malah rusak lagi atw mengsle malah tambah lama lo sembuhnya...
    sabar dulu aja.. namanya tulang jd agak lama pertumbuhannya..

    bagamana supaya cepat nyambung tulangnya..? minum obat dr dokter, plus obat cina dan makan ikan, sayur dan jangan luapa telur rebus 2 butir per hari..
    insya allah cepat pulih.. dibawa nyantai ja baca2 dulu jangan terlalu byak gerak dulu..kalau sudah baikan biasanya tidak akan sakit lagi kalau dibuat melangkah..

    semoga semua cepat pulih kembali ya..

    BalasHapus
  30. Teman2 maaf saya jarang buka blog karena kesibukan, jika ada pertanyaan silakan gabung ke grup SEHATI (Sekumpulan Sahabat Patah Tulang Kaki) di facebook. Disana ada banyak teman2 senasib, sekarang anggotanya sudah 600 lebih. Sebelum gabung, tolong inbox para admin ( ketiga-tiganya ) yaitu mas Warzuqni Fahman ( https://www.facebook.com/wfahman ), mba Anna Puspita ( https://www.facebook.com/seelost.anna?fref=ts ) dan saya sendiri Mila Kurniawati ( https://www.facebook.com/mila.kurniawati2 ). Dengan format Nama, Alamat, Jenis Patah Tulang, Jalur Pengobatan ( Medis/Alternatif), Tanggal Kejadian, Kronologi Kejadian, dan Kondisi saat ini. Terima kasih,, ditunggu sharingnya :)

    BalasHapus
  31. oya, dengan tempat tanggal lahirnya ya

    BalasHapus
  32. halo mba..
    saya pria umur 23 thn..
    saya baca komentar dari atas kayanya belum ada ya yang mengalami patah tulang telapak kaki..
    hehe..
    saya mengalami patah tulang di telapak kaki ni mba..
    berikut lokasinya :
    - kaki kanan
    - sisi telapak sebelah kanan
    - posisi patah dibawah kelingking
    - tidak dioperasi hanya menggunakan gips
    yang ingin saya tanyakan mba..
    pas saya umur 12 tahun saya pernah mengalami kejadian serupa, tapi lokasi patah lebih dibawah daripada yang sekarang ( lebih jauh dari jari kelingking ), waktu itu saya di gips 3 minggu'an..
    2 minggu masa pemulihan otot dan saya bisa berjalan seperti sediakala..

    - apakah proses penyembuhan saya memakan waktu seperti saat kecelakaan pertama ?
    - jika tidak kira kira berapa lama ya mba waktu penyembuhannya ?
    - saya baca diatas ada yang bilang menggunakan obat cina untuk mempercepat proses penyembuhan, tapi ga bilang merknya..
    hehe..
    merknya apa nih mba ?

    sekian dan terima kasih..
    mohon doanya agar saya bisa cepat beraktifitas seperti sedia kala..

    BalasHapus
  33. wah kebetulan, ijin share pengalaman saya juga min. november 2013 s.d. januari 2014

    saya operasi pemasangan pen pada tulang kering bulan 19 november 2013, berhubung terdapat luka tebuka dan tulang remuk di area benturan, divonis dokter akan baru bisa berjalan normal setelah 6-7bulan.
    awalnya memang begitu shock mendengar vonis dari dokter tersebut, mengingat pekerjaan yg saya lakoni sekarang membutuhkan mobilitas yg tinggi setiap harinya.

    nah, seminggu pasca operasi saya sudah diperbolehkan memakai 2 tongkat, dengan syarat kaki yg mengalami cedera jangan sampai menyentuh tanah, namun ya begitulah, beberapa kali saya harus menahan sakit karena jatuh terpeleset di berbagai tempat.

    1 bulan kemudian saya masih menggunakan 2 tongkat dan mulai beraktivitas lagi dikantor karena status saya yg masih cpns mengkhawatirkan jika harus berlama-lama absen, karena maklum hak cuti belum diperoleh. beberapa kali juga terpeleset dibeberapa tempat. tapi alhamdulillah tidak apa-apa

    nah, 2 minggu setelah masuk kantor, salah satu atasan saya menyarankan untuk mulai menggunakan pengobatan alternatif, semacam sangkal putung dengan background pendekar silat jawa tradisional.

    awalnya memang ragu sih, tapi kenapa tidak dicoba dulu. pengobatannya memang sedikit unik, beliau menggunakan cara-cara yg tidak lazim, seperti memukul dan menendang titik-titik terntentu seperti pinggang belakang, pangkal paha belakang, dsb. dengan penjelasan bahwa disitulah pusat kekuatan syaraf dan otot kaki. selain itu juga dilakukan pemijatan untuk mengembalikan posisi urat pasca benturan. dan setelah selesai beliau memberikan opsi terkait obat yg akan membantu mempercepat penyembuhan, apakah saya akan meminumnya atau tidak, dikarenakan obat tersebut juga tidak lazim, yaitu : "sumsum, empedu dan darah ular cobra segar"

    dan setelah berpikir panjang, saya pun meminumnya dengan alasan penyembuhan.
    1 tegukan harus habis, agar tidak merasakan rasany yg tidak karuan. pengobatan saya lakukan 1-2 minggu sekali, dan dalam terapi yg ke 4 yaitu sekitar akhir bulan desember, saya sudah dipaksa untuk jalan perlahan-perlahan, dan bisa pada akhinya.

    butuh waktu sekitar 2,5bulan untuk melepas tongkat saya, alhamdulillah, berkat doa, medis dan alternatif.

    nb: bagi rekan-rekan yg tinggal di semarang dan sekitarnya jika berkenan mencoba pengobatan tersebut, saya siap membantu
    terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas dimana tempatnya...saya juga dari sangkal putung alhamdulillah udah 3 minggu saya diperbolehkan jalan pke tongkat.

      Hapus
  34. personally, saya gak pernah ada kejadian menghadapi patah tulang .. tetapi untuk teman teman sekalian, ada cerita kalo sekali kena patah tulang maka selama tulang tersebut tidak akan kuat untuk mengangkat beban berat .. memang benar?

    Salam dari Agen Bola

    BalasHapus
  35. mau tanya sis tgl 2april kemarin sya juga mengalami patah tulang dibagian lutut, sudah 1minggu lebih ini kaki saya udah mendingan ga terlalu bengkak dan sakit. berdiri 1 kakipun saya gak kesusahan. yang saya tanyakan brp minggu min bisa jalan lagi pasca operasi ya? apa benar 2-3bln? Thaks

    BalasHapus
  36. Mbk Zahra _ Kalo boleh tau obat cina tersebut namanya apa ya? saya juga mengalami patah tulang dibagian lutut kaki kiri tgl 2april kmrin..

    BalasHapus

Ayo bagi pengalamanmu dan tanggapanmu ^.^