Selasa, 05 Juli 2011

Pengalaman Fisioterapi untuk Mengatasi Masalah Kaku Sendi




Kaku sendi memang masalah yang lazim terjadi pada pasien patah kaki. Meskipun hanya tulangnya yang patah, namun ternyata karena pergerakan yang terbatas saat proses penyambungan tulang, membuat otot-otot di daerah kaki dan juga daerah pinggang bahkan sampai punggung menjadi kaku, terutama masalah sendi lutut yang kaku sehingga tidak bisa menekuk dengan sempurna.

Hal ini saya alami, setelah 1 tahun lebih saya merasakan otot-otot kaki begitu kaku, untuk menekuk sangat sult...paling hanya bisa 90 derajat. Saya takut tidak bisa menekuk dengan normal lagi. Terbayang oleh saya,, saya akan mengalami banyak kesulitan misalnya, sulit duduk di angkot (jok belakang), sulit ketika memakai toilet jongkok, tidak nyaman saat berjalan atau menuruni tangga, tidak bisa duduk bersila, dan tentunya tidak bisa duduk attahiyat ketika sholat. Saya bertanya pada dokter tetapi dokter tidak terlalu menyarankan untuk fisioterapi, padahal kekakuan otot saya ini sudah parah... Lalu saya mencari-cari informasi di internet. Ternyata memang benar pasien patah tulang seperti saya sangat memerlukan fisioterapi untuk memulihkan fungsi kaki seperti sedia kala. Karena itu saya putuskan untuk melakukan fisioterapi.

Awalnya orang tua kurang mendukung, karena beliau berpikir bahwa fisioterapi itu hanya untuk orang yang sudah tua saja, misalnya yang mengalami stroke, kejepit urat, rematik dll. Tapi saya berusaha meyakinkan orang tua saya bahwa untuk orang yang patah kaki pun perlu fisioterapi karena otot-otot dan sendi nya menjadi sangat kaku. Setelah mengobrol dan menimbulkan 'sedikit' perdebatan, alhamdulillah akhirnya orang tua mendukung saya.

Saat pertama kali datang ke rumah sakit di bagian Rehablitasi Medis, saya menceritakan kronologisnya, fisioterapisnya berkata bahwa sebenarnya saya terlambat datang, seharusnya fisioterapi dilakukan sedini mungkin, misalnya dari sebulan setelah operasi, sehingga otot dan sendinya tidak akan terlalu kaku seperti ini.
Lalu saya menanyakan kira-kira berapa lama sampai bisa menekuk sempurna lagi??
Kata fisioterapisnya, "Saya tdak bisa menentukan kapan persisnya, ini tergantung dari seringnya kamu berlatih. Yaa pokoknya kita berusaha saja..."
"Oohh iya pak, insyaAllah saya siap..."

Dan...
dimulailah terapi yang pertama pada hari itu...
Daerah paha saya dsinari oleh lampu dan juga beberapa titik pada kaki saya ditempeli alat untuk 'menyetrum',, alat setrum itu berguna untuk membantu merangsang dan melemaskan otot-otot. Awalnya saya merasa agak kaget oleh setruman itu, tapi lama-lama saya terbiasa. Tegangannya kecil jadi terasa seperti digigit semut. Lama penyetruman sekitar 20 menit.
Kemudian kaki saya diberi sebuah alat yang ujungnya hangat, fungsinya untuk melemaskan otot.
Setelah itu, kaki saya dipijit-pijit dan rasanya sakkkiiiiitttttt.......
otot-otot yang sangat kaku, ditekan sedikit saja terasa linu, jadi saat dipijit rasanya sakit sekali....
sungguh...saking sakitnya saya menangis dan menjerit-jerit... "Allahuakbar...Astaghfirullahaladziimm!!"
selain dipijit kaki saya juga ditekuk-tekuk dan rasanya juga sakit sekali...
Sesi terapi berlangsung selama 1 jam lebih.
Saat terapi, saya diberi tahu gerakan-gerakan apa saja yang harus saya latih di rumah, bagaimana posisi yang baik ketika duduk, tidur, berjalan. Di rumah saya juga harus sering mengompres dan memijit-mijit kaki saya dan juga latihan menekuk dengan pelan-pelan.

Fisioterapi dilakukan 2 kali seminggu, dan frekuensinya bisa dikurangi seiring progres yang terjadi.

Dengan mengikuti fisioterapi di rumah sakit, bukan berarti hanya mengandalkan itu saja, justru yang lebih penting adalah frekuensi latihan di rumah. Saya harus rajin mengompres, memijit-mijit kaki saya dan latihan beberapa gerakan.
Dan itu semua sungguh berat... saya harus menahan sakit, sakit yang sangat sakit, bahkan saya sering menangis saat latihan, saking sakitnya...

Pada awalnya saya diantar oleh orang tua, kemudian diantar ayah saja, lalu diantar ibu saya. Karena saya tidak mau terlalu merepotkan keluarga, akhirnya saya hanya diantar sampai terminal oleh ayah saya, setelah itu saya naik angkot,, sendirian,, dengan memakai tongkat...
Di rumah sakit saya berjalan sendirian, orang-orang sering memperhatikan saya karena saya berjalan dengan memakai tongkat. Terkadang ada rasa malu,, tapi lama-lama saya terbiasa dengan tatapan orang-orang. Pulangnya saya suka dijemput saudara saya yang tinggal di dekat rumah sakit, atau kadang dijemput oleh teman saya.

Semakin lama,, sedikit demi sedikit otot-otot di kaki saya semakin lentur dan kaku pada sendi lutut pun semakin berkurang.
Dan...Alhamdulillah...setelah kurang lebih 7 bulan... saya bisa menekuk dengan sempurna,, saya bisa sholat dengan gerakan yang sempurna...
Alhamdulillah...
Setelah perjuangan yang panjang dan melelahkan...


Lihat kronologis lengkapnya di Rangkaian Operasi Patah Kaki yang Melelahkan


Untuk lebih lengkapnya mengenai fisioterapi pada kasus patah tulang lihat http://knopo.wordpress.com/2009/02/16/fisioterapi-pada-fraktur/
Sumber gambar : http://www.physioleeds.co.uk/physiotherapy-exercises/back-pain-exercises

30 komentar:

  1. bgitu baca pngalaman ini, terfikir unntuk mmnjalani fisioterapi,, hal serupa yang saya alami, semenjak kedua kaki saya patah tulang 14 bulan yg lalu hingga sekarang sendi lutut kaki kiri saya belum bisa ditekuk sama sekali, belakangan saya tidak terlalu khawatir, tapi lama2 agak repot juga, tidak bisa bbergerak dgn leluasa.. namun kata dokter yg menangani saya sebaiknya saya fokus dulu ke penyambungan tulang nya, baru setelah itu menjalani fisioterapi.. curhatnya jadi motifasi bagi saya. makasih....

    BalasHapus
  2. awalnya saya sudah pasrah dgn kondisi sendi lutut saya yg kaku tp setelah membaca artikel anda saya jd termotifasi kmbali untuk menjalani terapi lg tp masalahnya kondisi kaku ini sudah 2thn apa mungkin msih bisa normal lg, kl bleh tau dimana alamat terapi anda. trimakasih.

    BalasHapus
  3. @dijah
    sama2...semoga segara ada perubahan yg lebih baik ya untuk kakimu...salut atas ketabahannya....

    @anonim : dicoba dulu aja mas/mba,, mmg lebih sulit ya kalo pasca 2 tahun, saya aja yang dulu pasca 1 tahun begitu sulit utk bs menekuk sempurna lagi. Tapi diperiksa dl aja ke dr orthopedi yg terpercaya n perhatian sm pasien atau boleh langsung ke bag rehabilitasi medik (fisioterapi) juga, krn disana ada dokternya jg jd akan diperiksa dl n ditentukan jenis terapi yg tepat.

    dl saya di rs al-ihsan baleendah, jalan kiastramanggala baleendah bandung, no tlp 0225940872.
    saya dulu sama pak haris difisioterapinya, beliau sangat telaten.

    BalasHapus
  4. sy juga 5 tahun lalu kclakaan, dan lutut cm bs 90 derajat saja.. mau fisioterapi masalahnya di paha juga ada pen dalam jd tidak boleh fisioterapi... jd semangat lagi nih belajar latihan lutut.

    BalasHapus
  5. waah udah lama bgt mba,,, betul mba, dicoba aja terus,, yang penting ada kemajuan:)

    BalasHapus
  6. ijin share d fb sya yah..
    sya jg bru sebulan lalu operasi tulang lutut dn skrg sdg cari2 informasi ttg langkah2 "rehabilitasi" lutut sya agar bisa nekuk sempurna lgi..

    BalasHapus
  7. numpang nanya mbak, kompresnya air dingin atau air hangat? terima kasih ya...

    BalasHapus
  8. anonim 1 : silakan:)
    dgn rajin berlatih insyaallah bisa sempurna lagi...

    anonim 2 : air hangat,, air dingin itu utk yg bengkak.

    BalasHapus
  9. Sy bru empat bln operasi patah tulan paha dg lutut retak danluka sobek dg daging hilang... sampai skrg kaki sy blm bsa d tekuk an, mgkin hnya 30 derajat sja,,dan kondisi paha dan lutut msih bengkak apalagi setiap hbis terapi sndri. Tp knp setiap gk d terapi kok kaki nya kmbali lg lurus ya,, dan kaku. Klo d lampung dmna ya tempat terapi yg telaten dan bagus. ?? Terimakasih.

    BalasHapus
  10. mba dewi udah gabung di sehati ya, maaf telat balas mba.
    parah ya mba, termasuk patah terbuka smp ada daging yg hilang :(
    mmg perlu kesabaran yg tinggi dlm latihan menekuk mba, perlu wkt beberapa bln utk bs normal lg. terus aja melakukan latihan2 yg aman, smg terus ada kemajuan y mba...
    sy kurang tau mba kalo d daerah lampung, barangkali temen2 sehati atau temen2 pembaca ada yg tau??

    BalasHapus
  11. saya sudah 1 bulan lebih pasca operasi patah tulang. dan sekarang kaki saya hanya bisa ditekuk 90 derajat saja. dokter menyarankan untuk melatih otot kaki dulu biar ga mengecil (mereduksi). latihannya kaya duduk posisi kaki 90 derajat dan diangkat berulang2 kali sesering mungkin. apakah kaki saya yang kaku ini masih mudah ditekukkan jika di fisioterapi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja bisa mas anonim,, 1 bulan pasca op sudah menekuk 90 derajat itu bagus, tinggal diteruskan latihannya, semangaaattt!!!! :)

      Hapus
  12. Numpang tanya mbak?sy mnglami acl d lutut,ligamen saya putus,dan skrg sudah berjln 4 bln ,ketika itu sy ikut operasi dan di bulan ke empat lutut sya alhamdllh bisa di tekuk 90 derajat,tp yang jadi masalah sekitar mata kaki kebabah tidak bisa di gerakkan naik,yang mw saya tnyakn ,apakah yang mbak alami sama dengan saya,yaitu bagian telapak kki nya malah yang gak bisa digerakin,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo,, saya ga mengalami itu, tapi sepertinya itu bisa diatasi dgn fisioterapi d rumah sakit, atau digerak2in sendiri d rumah, sebelumnya dikompres dulu dgn handuk yg dibasahi air hangat atau direndam di baskom yg berisi air hangat, lalu dipijat2 dgn cara yg benar, lalu dilatih (digerak2in), insyaallah kalo rutin akan ada kemajuan, utk lebih jelasnya tanyakan saja pd dokter sewaktu kontrol.

      Hapus
  13. aku juga habis kecelaka an 1tahun yg lalu trs nekuk tinggal sejengkal lg tp kok rasanya sulit banget saya gak fisio tp manggil tukang urut patah tulang apa sekarang terlambat mengikutin fisioterapi? soalnya saya terauma kaki saya ditekuk tekuk di tempat patah tulang sebelumnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa koq mba, apalagi tinggal sejengkal lagi nekuk full nya,, tenang aja mbam kalo fisioterapinya dilakukan oleh terapis yg profesional n dibantu dgn alat2 yg bagus, insyaallah aman2 saja,, semangat y mba! jgn dibiarkan terlalu lama, takutnya jd permanen kalo kelamaan.

      Hapus
  14. sama seperti pengalaman saya , tapi sampai saat ini saya blm bisa nekuk dgn sempurna , untuk latihan d rmh cara nya seperti apa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ituu ada di artikel ttg "Cara Melemaskan Otot kaki dan Sendi Lutut yang Kaku", cekidot yah mba :)

      Hapus
  15. smoga yg lagi proses penyembuhan bisa cepat sembuh, yg sudah sembuh lebih hati-hati lagi ea. saya cedera patah tulang kaki paha kanan, baru 2 bulan pasca operasi sama lutut susah di tekuk psiothetapy 1x selebihnya dirumah aja Allhamdulilah sudah bisa nekuk 95 derajat smula hanya nekuk 30 derajatan. berdo' dan terus berusaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.... trimakasih mas ts asep,, alhamdulillah perkembangan yg bagus tuh,, semangatt terus! smg slalu ada kemajuan dari waktu ke waktu....

      Hapus
  16. :( saya baru dua bulan kemaren habis operasi. Dan benar emang lutut saya susah ditekuk. Baca artikel ini saya jadi takut αρα saya juga akan mengalami hal yg sama ? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja ditekuk2 mas farid,, latihan yg rajin n dgn cara yg benar, insyaallah akan cepet sempurna lg nekuknya....

      Hapus
    2. pasti bisa mas Farid, kalo dihitung berarti skrang sdah lepas gips ya? semangat latihannya ya memang rasanya akan saaaaakkkiiiiiiiiittttttttttttttt luuuaaaarrrrbiaaassaaaa (maklum ga tahan nyeri sy) tapi itu harus dilakukan krna semakin lama latihannya akan semakin kaku sendinya mas, habis lepas kruk msh ada PR mengembalikan kekuatan otot (coba bandingkan besar otot kaki kanan n kiri).

      Kebetulan saya seorang Fisioterapi dan kebetulan juga saya habis operasi 4 bulan yang lalu di lutut juga karena robeknya 2 ligament, dah alhmd sy baru 3 minggu ini lepas kruk

      jadi u/ semuanya yg semangaaaaaatttt yaa ^_^

      Hapus
  17. waduh lihat artikel ini saya jadi termotivasi untuk melatih lutut saya agar bisa di tekuk seperti sedia kala, . . .
    semoga usaha kita semua tidak sia - sia dan membuahkan hasil yang maksimal. ,. ,.
    amin ya robbal alamin, . . .

    BalasHapus
  18. mbak fisioterapinya kalo untuk kaki jinjit atau dalam bahasa sunda jengke bisa gak dan berapa biaya fisioterapinya?? Mohon dibls

    BalasHapus
  19. Teman2 maaf saya jarang buka blog karena kesibukan, jika ada pertanyaan silakan gabung ke grup SEHATI (Sekumpulan Sahabat Patah Tulang Kaki) di facebook. Disana ada banyak teman2 senasib, sekarang anggotanya sudah 600 lebih. Sebelum gabung, tolong inbox para admin ( ketiga-tiganya ) yaitu mas Warzuqni Fahman ( https://www.facebook.com/wfahman ), mba Anna Puspita ( https://www.facebook.com/seelost.anna?fref=ts ) dan saya sendiri Mila Kurniawati ( https://www.facebook.com/mila.kurniawati2 ). Dengan format Nama, Alamat, Jenis Patah Tulang, Jalur Pengobatan ( Medis/Alternatif), Tanggal Kejadian, Kronologi Kejadian, dan Kondisi saat ini. Terima kasih,, ditunggu sharingnya :)

    BalasHapus
  20. waaaaah, ga nyesel nyasar di blog ini, jadi tau bagaimana pengalaman dari sisi pasien, saya Fisioterapis di Jakarta Timur. saran untuk memilih fisioterapis dgn bidang yang sesuai, jika mungkin yg peminatannya muskuloskeletal, jka ada yg ahli di fraktur dan punya sertifikasi terapi latihan dan manual terapi. insya Allah, lbh efektif dan sebenarnya tdk "terlalu" sakit jika mengetahui metode yg terkini. selamat menikmati, n goooo forward... grup SEHATI ya ? kayanya dl ada yg laen,mas warzuqni , mila, anna kayanya temen2 sya d FB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Human movement bisa bantu saya untuk jakarta timur dimana alamat fisioterapis yg bisa saya datangi...,

      Hapus
  21. sakit sekali saat fisioterapi.rasax mau nyerah aja. tanpa sinar langsung ditekuk lututnya. sudah teriak+nangis masih diteruskan.sudah gitu nyeri setelahnya g ilang-ilang padahal qw baru 2 bulan lalu operasix. :(

    BalasHapus
  22. Hai Mbak...Blog ini sangat membantu saya untuk terus bersemangat sembuh. Nama saya Ita-dari Magelang. Tgl 6 April 2014 saya kecelakaan yang mengakibatkan kaki kanan saya dibawah lutut patah. Dalam istilah medis disebut fraktur tibial plateau lateral sendi lutut.Setelah operasi saya masih minum obat dokter dan minum obat cina, jadi nyeri hilang sama sekali.Saya juga melakukan fisioterapi. Alhamdulillah tgl 24 April 2014 saya sudah bisa berjalan dengan dua kaki dengan kaki kanan ditapakkan sedikit tapi tidak ditekan. Saya juga sudah bisa nekuk 90 derajat.Saya bersemangat latihan sesuai saran mbak...setiap hari agar kaki saya dapat normal lagi.

    BalasHapus

Ayo bagi pengalamanmu dan tanggapanmu ^.^