Selasa, 31 Mei 2011

Apa yang harus dilakukan setelah operasi buka pen??

Setelah operasi buka pen pada tulang di daerah kaki, bukan berarti boleh langsung jalan. Meskipun dokter memperbolehkan, tetapi sebaiknya lebih berhati-hati.
Setelah operasi tentunya akan terasa sakit akibat luka operasi, jika dipakai jalan terasa sangat linu... jadi sebaiknya jangan banyak bergerak dulu selama beberapa hari.

Selama 1 bulan sebaiknya memakai tongkat dulu, karena tulang belum cukup kuat, rongga-rongga bekas sekrup belum terisi. Pokoknya selama 1-2 bulan jangan dulu banyak beraktivitas. Sebaiknya setelah 1 atau 2 bulan dirontgen lagi untuk melihat apakah rongga-rongga bekas sekrup sudah terisi penuh atau belum. Setelah rongga-rongga pada tulang cukup terisi, jangan langsung dipakai berjalan jauh, mulailah dengan berjalan sedikit demi sedikit. Berlatihlah secara bertahap, awalnya latihan berjalan dalam jarak yang pendek selama 1-2 minggu, kemudian latihan berjalan yang agak jauh, tapi jangan terlalu sering, pelan-pelan saja.... hingga bisa berjalan seperti biasa lagi.

Tentunya asupan gizi harus diperhatikan, makanlah makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium dan protein, agar rongga-rongga bekas sekrup cepat terisi.

Memang...nasehat dokter perlu diperhatikan, tetapi bagaimanapun pasien sendiri yang menjalani, dokter lebih banyak tahu teorinya. Karena itu, harus dicermati apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk mempercepat kesembuhan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari manapun dan sharing dengan pasien lain yang pernah/sedang mengalami kasus yang sama, agar tidak menyesal nantinya.
Anda tidak ingin kan tulang malah patah lagi setelah dibuka pen.... capek dua kalii.... dan akan membuat down...
Dan kita tidak bisa menyalahkan dokter.....kita sendiri yang harus bertanggung jawab atas tubuh kita  sendiri.....

Ini semua berdasarkan pengalaman saya di postingan Pengalaman Buruk Setelah Dibuka Pen dan juga dari pengalaman orang lain yang saya baca, keputusan kembali kepada pembaca.

4 komentar:

  1. pastinya bermanfaat..sebab pengalaman jauuhh lebih berarti daripada teori di textbook. tentu saja dengan tidak mengesampingkan textbook..^^

    terima kasih...cepet sehat yaa..

    BalasHapus
  2. yessss....antara textbook dan pengalaman harus disinergikan....

    amiinn...makasi yaa^^

    BalasHapus
  3. sekedar memberikan pengalaman saya tanggal 21 mei 2012, saya buka Pen setelah memakainya selama 3th 9 bln...saran dari dokter setelah seminggu kita sudah boleh melanjutkan seperti biasa. akan tetapi itu semua tergantung dari kondisi badan dan tubuh kita sendiri. jika memang belum terlalu kuat jangan terlalu dipaksakan karena lubang2 didalam tulang bekas bautnya belum terisi. salam

    BalasHapus
  4. betul,,, tulang yg bolong2 itu bisa terisi penuh dlm wkt 1-2 bulanan.
    banyak yg udah buka pen akhirnya patah lagi karena terlalu cepat beraktivitas seperti sediakala n terlalu memporsir diri atas dasar dokter sudah membolehkan.

    BalasHapus

Ayo bagi pengalamanmu dan tanggapanmu ^.^