Senin, 05 September 2011

Mal union, Delayed union dan Non union

Mal union
Mal union adalah dimana tulang yang patah menyatu dalam waktu yang tepat (3-6 bulan) tetapi tulangnya menjadi bengkok. Penyebabnya bisa karena terlalu banyak bergerak, pernah terpeleset sehingga fragmen tulangnya bergeser, sering duduk atau tidur dengan posisi yang tidak tepat, pengobatan dengan dipijit (karena tidak dilihat langsung, posisinya kurang pas).

Apakah berbahaya jika tulang menjadi bengkok?
Jika tidak terlalu bengkok, tidak terlalu berbahaya, pada saat berjalan akan sedikit pincang, harus dijaga jangan sampai kelebihan berat badan, karena tulang yang bengkok kekuatannya sudah berkurang untuk menyangga tubuh, berbeda dengan tulang yang normal. Tapi jika sangat bengkok sebaiknya dibongkar ulang (dioperasi lagi).

Apakah tulang yang bengkok bisa diperbaiki?
Bisa, tapi harus operasi lagi. bila tulang baru tersambung, tulang muda nya dibebaskan dulu (dibersihkan terlebih dahulu) pada saat operasi. Pen yang sebelumnya terpasang dibuka, kemudian posisi tulang diperbaiki kembali, kemudian pen dipasang kembali dan proses penyembuhan sama seperti pada saat tulang patah pertama kali. Biasanya dilakukan cangkok sumsum tulang, yaitu sumsum dari bagian tulang yang lain (misalnya dari tulang yang di bawah lutut atau dari tulang panggul) diambil sedikit lalu ditempelkan diantara fragmen tulang yang patah untuk merangsang pertumbuhan tulang yang baru.
Tapi jika tulangnya terlalu bengkok, operasi akan dilakukan 2 tahap, yang pertama operasi pembebasan tulang (dipotong tulangnya), lalu akan ditraksi selama beberapa hari, karena otot ikut memendek, jadi harus ditraksi supaya panjangnya sama dengan kaki yang sehat. Kemudian setelah itu dilakukan operasi tahap dua yaitu operasi pemasangan pen. Namun bisa saja jika posisi tulang benar-benar lurus hanya di gips saja. Itu tergantung kondisi pasien..


Delayed union
Delayed union artinya penyatuan yang tertunda, yaitu patah tulang yang tidak menyatu dalam waktu 3-6 bulan, tidak terlihat ada pertumbuhan tulang yang baru, kalaupun ada sangat sedikit, kalus (tulang muda) di sekitar daerah patahan pun sangat kurang.
Ciri-ciri yang terlihat pada kasus delayed union yaitu :
nyeri pada saat berjalan
terdapat pembengkakan
nyeri pada saat ditekan di daerah patahan
tulang bertambah bengkok ( bisa bengkok, bisa tidak)
terdapat gerakan yang abnormal pada daerah patahan

Biasanya dokter akan menunggu selama 1 atau 2 bulan, untuk melihat apakah ada perkembangan atau tidak. Selama 1 atau 2 bulan tersebut pemberian nutrisi harus lebih diperhatikan lagi, asupan protein, kalsium dan zat-zat mineral lainnya ditambah lagi, juga berjemurnya harus disiplin. Jika tidak ada perubahan maka pasien tersebut mengalami non union, biasanya dokter akan melakukan tindakan operasi.


Non union
Non union artinya tidak menyatu atau tidak ada penyatuan, non union merupakan kasus lanjutan dari delayed union. Jadi, bila patah tulang tidak menyatu dalam waktu 6-8 bulan dinamakan non union.
Penyebab delayed union dan non union :
terlalu banyak bergerak
kurangnya asupan nutrisi untuk tulang (protein, kalsium, magnesium dan zat mineral lainnya)
terlalu stres
jarang berjemur
pernah jatuh atau terpeleset 

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pada kasus non union, dokter akan melakukan operasi ulang, pennya dilepas lalu tulang-tulang baru pada ujung-ujung fragmen akan dibersihkan terlebih dahulu kemudian pen nya dipasangkan lagi. Tergantung tingkat keparahannya, pada saat operasi bisa dilakukan bone graf bisa juga tidak. Bone graft artinya cangkok tulang yaitu prosedur pembedahan yang menempatkan tulang baru (tulang dari pendonor/mayat) atau bahan pengganti (biasanya berupa sumsum dari tulang yang lain dari tubuh kita sendiri) ke dalam ruang antara patahan tulang atau di sekitar patahan tulang atau di dalam lubang-lubang pada tulang yang mengalami infeksi (osteomyelitis) atau kanker tulang untuk merangsang pertumbuhan tulang yang baru.


6 komentar:

  1. makasih artikel nya , menembah pengetahuan saya engenai tulang patah

    BalasHapus
  2. sama-sama......
    terimakasih sudah berkunjung:)

    BalasHapus
  3. Tulang saya seperti rada'' bengkok..
    tpi tkut untuk oprasi lagi..
    apa ada cara lain yah?
    kalo misal kan rada'' begkok bisa gak yah jalan nya gk pincang,.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada cara lain,, bisa saja dipijat oleh dukun patah tulang, tp dikhawatirkan posisinya tidak pas. tidak ada pilihan yg tdk beresiko. tulang bengkok pasti akan pincang selamanya......

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Saya juga patah tulang paha dan langsung dioperasi 6 bulan yg lalu, biasa'y berapa lama sampe bisa berjalan tanpa tongkat. Kunjungi juga blog ane di http://musikindo99.blogspot.com

    BalasHapus

Ayo bagi pengalamanmu dan tanggapanmu ^.^