Jumat, 21 Oktober 2011

Cara Belajar Jalan Setelah Diperbolehkan Lepas Tongkat




Begitu dokter menyatakan "ya, kamu boleh jalan", bukan berarti langsung bisa berjalan saat itu juga dan langsung berjalan normal seperti orang biasa, no! thats impossible! Jangan terpengaruh oleh adegan di sinetron dimana orang yang bahkan sudah lumpuh bertahun-tahun, hanya duduk di kursi roda setiap harinya tiba-tiba langsung bisa berdiri! dan berjalan seperti orang normal hehehe,, bagaimana bisa otot yang sangat kaku langsung lentur seketika :p


Setelah diperbolehkan oleh dokter, sebagai pasien kita harus menimbang-nimbang dulu, memantapkan hati. "apa benar aku sudah boleh jalan??" lihatlah foto x-ray terakhir apakah benar sudah cukup penuh tulangnya? Apakah garis patahnya sangat samar bahkan hampir tidak terlihat? Kalo memang iya, mantapkan hati kita. "Baiklah,, aku yakin tulangku sudah cukup kuat. Aku akan mulai belajar jalan tanpa tongkat..."

Dan... mulailah letakkan tongkat yang selama ini setia menemani kita,, lalu coba langkahkan kaki kita sedikkiitt saja... rasakan...bagaimana rasanya...bagaimana sensasinya..(hehe, sedikit lebay but its true:))
Pertama kali melangkah biasanya akan terasa berat dan sulit. Langkahkan kaki sedikit demi sedikit,, untuk latihan pertama, berjalan sejauh 1-3 meter sudah cukup, jangan langsung berjalan dalam jarak yang jauh dan jangan langsung berharap bisa langsung berjalan seperti orang biasa. Pelan-pelan saja...just walk slowly and keep safety... 
Selama 1-2 minggu latihan berjalan seperti itu hingga maksimal 5 meter. Tongkat masih dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Setelah itu baru mulai benar-benar lepas tongkat, tapi jalannya harus tetap pelan...ingat! keep slowly and safety,, jangan terlalu diporsir, jika lelah istirahatkan kakinya.

Pertama kali belajar jalan, pasti jalannya akan 'jelek', seperti digusur-gusur dan pincang,, but don't worry...itu hanya masalah waktu saja. Wajar,, sekian lama tidak digunakan untuk menahan bobot tubuh sepenuhnya tentu massa otot akan berkurang, namun seiring berjalannya waktu, semakin sering dipakai jalan dan melakukan latihan penguatan dan peregangan otot, maka otot kita semakin lama akan semakin kuat dan lentur, massa otot akan semakin bertambah hingga sama seperti kaki yang sehat.

Mungkin perlu waktu beberapa bulan hingga benar-benar bisa berjalan normal. Kalau untuk digunakan beraktivitas seperti biasa di luar rumah perlu waktu sekitar 2-4 minggu dari mulai belajar jalan pertama kali. Untuk aktivitas naik turun tangga, selama 1-2 minggu sebaiknya jangan dulu dilakukan. Setelah 1-2 minggu baru boleh, tetapi harus berpegangan erat pada pegangan yang ada di pinggir tangga. Agar bisa betul-betul lancar sebaiknya lakukan latihan menaiki dan menuruni tangga. Lakukan juga latihan berjalan di permukaan yang miring. Hal ini sangat penting karena di lingkungan luar rumah 'medannya' beragam, ada yang jalannya miring, ada lubang, ada beberapa buah anak tangga, bisa banyak bisa sedikit.

Tentunya akan sangat baik jika dipandu oleh fisioterapis agar lebih terpantau dan lebih bersemangat.


Selamat berlatih!



Sumber gambar : http://terasbaca.wordpress.com/2008/09/19/manfaatkan-fisioterapi-untuk-gangguan-gerak/

1 komentar:

  1. Klo boleh tau butuh waktu berapa minggu sampai jalan terlihat tidak kaku atau pincang?

    BalasHapus

Ayo bagi pengalamanmu dan tanggapanmu ^.^