Minggu, 16 Oktober 2011

Kontrol 15 Oktober 2011


Tadinya ga akan kontrol, tapi ternyata bapakku lagi luang jadi mau nganterin. Alhamdulillah dokter yang menanganiku kali ini memang baik banget,, sabar,,ramah,,he..he..

Suster : (memanggil) "Mila..."

Aku : (perlahan bangkit dari kursi lalu berjalan dgn pelan dan agak pincang)

Dokter : "Kamu kenapa jalannya pincang gitu?? masih terasa sakit atau karena takut??"
Aku : "Dua-duanya dok,,he he"
(duduk di kursi)
"Begini dok,, sampai saat ini kan saya masih merasakan sakit di bawah lutut,, nah berdasarkan gejala yg saya rasakan itu n dari info-info yang saya baca d internet,, sepertinya saya terkena cedera otot hamstring...tapi gatau juga persisnya dok,, ini cuma berdasarkan perkiraan saya saja"

Dokter : "Hmmmm...." (sok tau banget nie pasien)
"Belum tentu,,kamu itu kan permasalahannya kompleks,,,bla,,,bla,,,bla,,,jadi,,,bla,,,bla,,,bla"

Aku : "Mmmm....kan gini dok,,,sepertinya masalah cedera ini sudah dari tahun kemarin,, karena kaki saya didiamkan lama bangett,,,terus difisioterapi,, tapi setelah beberapa bulan difisioterapi, otot-otot di bawah lutut jadi sakit,,sakiitt bangett,, jadi saya istirahatkan dulu, ga terapi dulu, terus saya ke dokter Asep (dokter ahli saraf), dikasih obat penghilang nyeri sama relaksan otot, nah sekitar 2-3 minggu alhamdulillah jadi ga terlalu sakit lagi terus saya jadi bisa latihan lagi dan akhirnya bisa menekuk normal lagi. Tapi setelah sembuh saya suka males latihan jadi sakitnya suka kambuh dan pas kejadian patah lagi juga posisi jatuhnya kan ke belakang terus habis gitu selama 5 bulan saya diem aja, setelah itu baru terapi lagi,, terusss..."

Dokter : (senyum, panjang amat ceritanya...) "Kalo memang cedera seharusnya selama 5 bulan itu cederanya juga sudah sembuh. Kamu itu kurang exercise,, kaki kamu harus dilatih setiap hari"

Aku : (iih lagi asik-asik cerita malah dipotong) "Iya dok,, saya juga latihan di rumah,, di rumah tuh saya ga suka diem dok"

Dokter : (senyum) " Masa sih? Iya gitu bu?" (melihat ke ibuku)

Ibu : (diem)

Aku : (gimana sih mama malah diem aja,, uuh) "Iya kan mah,,, saya mah dok waktu masih pake 2 tongkat aja saya suka cuci piring,, yaa sebisa-bisanya aja dok"

Dokter : (rajin juga nih pasien) "Nah kamu itu kerasa nyerinya kalo gimana?"

 Aku :  (hehe) "Kalo udah ditekuk-tekuk hingga sekitar 85 derajat dok, udah 2 bulan ini stuck disitu, soalnya nyeri banget dokk,,,!"

Dokter : "Nyeri banget gitu??"

Aku : "Iya dok nyeri bangettt..."

Dokter : "Kamu itu kan otot-ototnya banyak yang mengalami fibrosis (kaku otot/otot mengkerut) jadi ya pasti sakit,,,"

Aku : (dokterrr,,aku ini bukan pasien sembarangan,, aku ini pasien yang berpengalaman,,haha apanya yg mesti dibanggakan ya :p) "Iya dok,, tapi ini nyerinya beda,,,saya sudah bisa membedakan nyeri yang bisa ditahan sama nyeri yang ga bisa ditahan"

Dokter : (cerdas juga nie pasien) "Ya udah saya kasih obat penahan nyeri tapi yang dosisnya ringan aja, diminum 2x sehari, tapi tetep ya harus latihan!"

Aku : "Iya dok saya cuma ingin supaya rasa nyerinya mereda jadi saya bisa latihan lagi..."

Dokter : "Iyahh,,, kalo begitu nie jadi 4 macem obatnya,, kalsiumnya (Hi-Bone), kolkatriol, penahan nyeri sama relaksan otot"

Mama : "Ga perlu dirontgen dok?"

Dokter : "Ngga,,,nanti aja setelah  1 tahun operasi"

Mama : "Kalo itu bagian otot yang sakitnya bisa dirontgen ga/difoto ga supaya kelihatan??"

Dokter : "Ooo ga bisaa..."

Aku : "Di MRI (em er i) gitu dok??"

Dokter : "Di MRI (em er ai) tetep ga bisa, ga bakal kelihatan soalnya terhalang sama pen terus kan kamu tuh banyak otot yang fibrosis jadi anatominya udah kacau banget.."

Aku : "Oohh gitu ya dok,,(sedih,,iih teganya dokter bilang begitu,hiks)

Dokter : (memang itu kenyataannya :p) "Jadi ya kamu sekarang cuma boleh jalan biasa aja,, ga boleh lari, loncat"

Aku : "Kalo naik turun tangga??"

Dokter : "Jangan dulu,, pake tongkat dulu aja"

Aku : "Terus kapan saya boleh naik turun tangga??"

Dokter : "Ya nanti kita lihat setelah dirontgen lagi 3 bulan lagi"

Aku : "Jadi sampai 3 bulan kedepan saya jangan dulu naik turun tangga sendiri??"

Dokter : "Iya..."

Aku : (Whatt!!) "Jadi kalo bepergian juga harus bawa-bawa tongkat ya...." (argkh...)

Dokter : "Yaa,,gimana lagi,, kamu kan uadah berkali-kali patahnya, jadi ada gangguan dalam proses penyambungannya karena vaskularisasinya/aliran darahnya ga lancar, jadi sekarang ini harus BENAR-BENAR DIPERTAHANKAN JANGAN SAMPAI PATAH LAGI. Kalo yang baru pertama kali patah sih sekarang juga udah bisa ngapa-ngapain,, mau main bola juga bisa" 

Aku : (ahh masa udah boleh main bola??) "Oooohhh iya dok,,"
"Ehh iya dok 1 lagi.." (nyengir:D)

Dokter : (Apalagi sih nie pasien,,ampun dehh)

Aku : "Dok, boleh minta krim otot??"

Dokter : "Ooh ngga,,itu bukan bagian saya, itu bagian fisioterapi"

Aku : (Oohh,, baru tau...)

Dokter : "Kan fibrosis sama fibrosis,, jadinya gimana tuhh,,,kan harus sambil dipijit-pijit"

Aku : (mungkin aku salah dengar atau apa, pokoknya bagian yang ini kurang ngerti)

Dokter : "Yahh ini resepnya,,, latihan terus yahh..."

Aku : "Iya dok..."

Aku + Mama : "Makasih ya dok...." (senyum)

Aku : (Perlahan bangkit dari kursi lalu berjalan dengan agak pincang)

Dokter : "Ehh kamu bisa ga jalannya ga pincang gitu"

Aku : (Ehh kirain udah bosen bicara sama aku,,hi,,hi) "Hmmm,,,baru juga seminggu dok saya lepas tongkat"

Dokter : "Ooh ya udah, tapi nanti harus dibiasakan jalan yang bener ya,,jangan dihentak-hentakkan begitu"

 Aku : (Nie dokter perhatian juga,,hehehe) "Iya dok,, saya akan membiasakan diri,,ntar sebulan lagi juga udah bagus dok jalannya,,hehe"

Dokter : (senyum)

Aku : (senyum) "Makasih ya dok,, Assalamualaikum..."

Dokter : "Waalaikumsalam..."



Kurang lebih seperti itulah percakapan ketika kontrol kemarin,, dengan sedikit didramatisir oleh saya he..he..he :D
Oh ya dokternya udah bapak-bapak koq,, maksudnya perhatian/teliti dalam menangani pasien,,,gitu,,, jangan berpikir macem2 yaa,,,coz sama pasien lainnya juga begitu,,, kalo konsultasi tuh lumayan lama...
How about your doctor??

1 komentar:

  1. bener banget dah mba, kalo pas kontrol ato konsultasi kita yg harus banyak tanya dan kasi info ke dokternya (biarin dibilang cerewet) soalnya kadang ada dokter yg mahalllllllllllll................banget bicaranya. jadi kalo ga kita yg tanya ga dikasitau gt...padahal info tsb sangat penting buat kita

    BalasHapus

Ayo bagi pengalamanmu dan tanggapanmu ^.^