Jumat, 27 Mei 2011

Pengalaman Buruk Setelah Dibuka Pen


Saya mengalami pengalaman buruk setelah pen dibuka. 1,5 tahun setelah dioperasi saya pergi ke dokter untuk melihat apakah tulang sudah tersambung dengan baik atau belum. setelah dirontgen kata dokter tulangnya sudah tersambung dengan baik (sudah cukup penuh), karena itu tidak berapa lama dilakukan operasi. Setelah operasi kata dokter saya boleh langsung jalan asal jangan dulu lari atau loncat, karena pada tulangnya masih ada yang bolong-bolong (rongga-rongga) bekas sekrup.

Selama seminggu saya pakai tongkat karena masih terasa linu akibat luka operasi. Setelah itu saya mulai jalan sedikit-sedikit, tapi...baru 4 hari dipakai jalan tulangnya malah patah lagi!! dan itu bukan karena jatuh tapi pada saat saya sedang berjalan tulangnya patah begitu saja!

Saya langsung dilarikan ke rumah sakit, dari hasil rontgen terlihat tulangnya patah di tempat yang dulu. Akhirnya saya dioperasi lagi, dipasang pen lagi dan proses penyembuhan dari awal lagi seperti dulu........
Kali ini saya ditangani oleh dokter yang berbeda karena dokter yang dsebelumnya seperti terlalu menyepelekan. Menurut dokter yang baru itu, tulangnya memang sudah cukup penuh tapi masih lemah, belum padat betul, sehingga rapuh...

Jadi seharusnya tidak terburu-buru untuk membuka pen. Sebaiknya jika patah kaki, dibuka pennya sekitar 3-5 tahun setelah operasi saja, supaya aman....
begitulah pengalaman saya, semoga bermanfaat....

10 komentar:

  1. wah...serem ya mba, trus keadaannya sekarang gmn? masih dpasang pen nya?

    BalasHapus
  2. sekarang saya sedang belajar jalan tanpa tongkat,,masih dipasang pen,, nanti aja dibukanya masih trauma..........

    BalasHapus
  3. Wah,, kasus mbak sama banget kayak aku alami sekarang.. cuma bedanya aku patah nya di tulang bahu. Sekarang aku malah disuruh oleh dokter untuk operasi pemasangan pen lagi. Berarti harus ngulang dari awal lagi.

    BalasHapus
  4. dokternya kurang mantep ya analisisnya...

    BalasHapus
  5. mba siska : wah sama2 repot ya,, yg namanya patah tulang, di bagian manapun bikin repoottt,,, skr gmn kondisinya mba? jadi operasi lagi??

    BalasHapus
  6. wahh, serem sekali mbak, aku sabtu ini buka pen, make pen ny dah 2 tahun 7 bulan d tungkai kaki kiri . jadi khawatir ni bakal patah lagi :( ga enak bgt kalo mesti dioperasi ulang, pke tongkat lagi bulan-bulanan :(
    semoga aja ga dah, astagga :(
    makasi infonya ya mbak :)

    BalasHapus
  7. ya pengalaman sy dijdikan pelajaran aja, jgn smp orang lain mengalaminya. saran sy pake tongkatnya selama sebulan biar aman, setelah itu jgn dulu dipake utk aktivitas yg berat. ok, smg lancar segala sesuatunya.............

    BalasHapus
  8. Waduh mbak ,.
    Kaki kanan saya patah tahun 2012 lalu ,.
    Dilakukan tindak operasi tahun 2013 ..
    Sampe sekarang aku masih memakai Pen dikaki kananku ,.
    Apa engga terlalu bahaya yaa mba jika memakai Pen terlalu lama ,.
    Terus kaki mba bagaimana sekarang???

    BalasHapus
  9. Teman2 maaf saya jarang buka blog karena kesibukan, jika ada pertanyaan silakan gabung ke grup SEHATI (Sekumpulan Sahabat Patah Tulang Kaki) di facebook. Disana ada banyak teman2 senasib, sekarang anggotanya sudah 600 lebih. Sebelum gabung, tolong inbox para admin ( ketiga-tiganya ) yaitu mas Warzuqni Fahman ( https://www.facebook.com/wfahman ), mba Anna Puspita ( https://www.facebook.com/seelost.anna?fref=ts ) dan saya sendiri Mila Kurniawati ( https://www.facebook.com/mila.kurniawati2 ). Dengan format Nama, Alamat, Jenis Patah Tulang, Jalur Pengobatan ( Medis/Alternatif), Tanggal Kejadian, Kronologi Kejadian, dan Kondisi saat ini. Terima kasih,, ditunggu sharingnya :)

    BalasHapus

Ayo bagi pengalamanmu dan tanggapanmu ^.^