Sabtu, 17 September 2011

Seharusnya Tidak Perlu Terjadi Kaku Sendi Lutut Pasca Operasi Patah Kaki

Seharusnya pasca operasi patah kaki tidak perlu sampai mengalami kaku sendi lutut,, jika saja pasca operasi dilakukan fisioterapi sedini mungkin dan kemudian latihan sendiri di rumah. Pasien sering enggan untuk melatih kakinya untuk menekuk karena takut akan membahayakan tulang yang patah dan untuk menghindari rasa nyeri, padahal jika dilakukan dengan posisi yang benar tidak akan membahayakan tulang yang patah. Tentunya harus konsultasi terlebih dahulu dengan fisioterapis supaya tahu cara latihan yang aman.

Sekali terapi biayanya sekitar 65rb-100rb. Jika memang tidak punya biaya, saya sarankan setidaknya ikut fisioterapi satu kali. Biasanya pertama kali datang ke bagian rehabilitasi medik akan diperiksa terlebih dahulu oleh dokter setelah itu baru dilakukan fisioterapi, sehingga ada tambahan biaya periksa dokter. Pada saat difisioterapi silakan berkonsultasi tentang latihan yang aman dilakukan sendiri di rumah. Jangan malu untuk bertanya, pasien punya hak untuk meminta penjelasan (toh pasien sudah membayar hehe). Setelah itu fisioterapi bisa dilakukan sendiri di rumah, pergi ke tempat fisioterapi hanya untuk evaluasi saja. Karena memang frekuensi latihan di rumah yang menentukan keberhasilan melemaskan otot dan sendi yang kaku, jika hanya mengandalkan fisioterapi di rumah sakit tidak akan maksimal hasilnya.

Selamat mencoba :)

13 komentar:

  1. lalu bagaimana jika sudah telanjur kaku, sudah 2thn apa msih ada harapan kembali normal lagi krna sudah kaku sekali,

    BalasHapus
  2. skr bisa menekuk berapa derajat? dicoba dulu saja...mungkin saja bisa kembali...soalnya dl ada bpk2 yg udh 2 thn kaku lututnya, trus difisioterapi terus sm rajin latihan d rumah akhirnya bisa menekuk sempurna lagi.

    BalasHapus
  3. apakah ada step by step untuk terapi dirumah kalau setelah operasi dislokasi patela setelah 3 bulan ... karena untuk menekuk lutut sakit sekali...

    BalasHapus
  4. maaf baru balas, patela itu tempurung lutut ya? sy krg tau persisnya, tapi teman saya yg patah disitu juga latihan nekuknya tidak jauh berbeda dengan yg sy jelaskan disini. untuk lebih jelasnya silakan masuk ke grup pasukan patah tulang kaki di facebook, atau add fb teman sy itu "rainhold butarbutar"

    BalasHapus
  5. saya laki2 berusia 20thn, sadah 2 bulan lebih saya mengalami patah tulang akibat tabrakan , dan mengakibatkan tulang paha, tulang lutut dan tulang kering kaki saya patah,.
    dan yang parah di tulang kering saya yang remuk, dan ini membuat dokter operasi saya dengan susah payah merekatkan potongan2 kecil tuulang tersebut seperti semula, . . .
    alhamdulillah operasi saya lancar, karna telat beberapa menit saja , mungkin saya tinggal nama saja karna darah yang terus keluar dari lutut saya sehingga saya kehabisan darah dalam tubuh.
    setelah 2 bulan operasi , saya sudah menggunakan 1 tongkat untuk menyangga badan saya, tapi lutut saya dulu tidak bisa ditekuk sama sekali, tapi dikit demi sedikit dapat 2 bulan lutut saya dapat ditekuk 90 derajat, dan untuk 90 derajat lagi dengan susah payahnya masih dikit demi sedikit bertambah.
    yang saya tanyakan apa terlalu lama tidak di latih , lutut saya tidak akan bisa ditekuk lagi?

    BalasHapus
  6. bisa banget mas, itu sdh termasuk sangat cpt, mungkin karena masih muda....super......semangat terus....

    BalasHapus
  7. Teman2 maaf saya jarang buka blog karena kesibukan, jika ada pertanyaan silakan gabung ke grup SEHATI (Sekumpulan Sahabat Patah Tulang Kaki) di facebook. Disana ada banyak teman2 senasib, sekarang anggotanya sudah 600 lebih. Sebelum gabung, tolong inbox para admin ( ketiga-tiganya ) yaitu mas Warzuqni Fahman ( https://www.facebook.com/wfahman ), mba Anna Puspita ( https://www.facebook.com/seelost.anna?fref=ts ) dan saya sendiri Mila Kurniawati ( https://www.facebook.com/mila.kurniawati2 ). Dengan format Nama, Alamat, Jenis Patah Tulang, Jalur Pengobatan ( Medis/Alternatif), Tanggal Kejadian, Kronologi Kejadian, dan Kondisi saat ini. Terima kasih,, ditunggu sharingnya :)

    BalasHapus
  8. Mengapa bisa terjadi kaku sendi lutut pasca operasi patah tulang paha?

    BalasHapus
  9. Saya pikir cuma saya aja yg kaku kaki nya pasca operasi patah tulang paha, sy baru 2 minggu operasi dan belum fisoterapi yg disebut2kan diatas, hhmmm mungkin yg sudah berpengalaman bagi2 infonya mengenai kaku otot ini. Atau add pin saya a/n Cacan 3272EC44 facebook https://m.facebook.com/cacan.lim.58?ref_component=mbasic_home_header&ref_page=%2Fwap%2Fhome.php&refid=8

    BalasHapus
  10. Mbak Mas, saya hbis oprasi lutut 3bln yg lalu dan masih ada pen dilutut. Lutut saya blm bisa ditekuk padhl saya sudah latihan trs sudah saya kompres dengan air panas. Saya hrs gimn mbak dan Mas.

    BalasHapus
  11. Mbak Mas, saya hbis oprasi lutut 3bln yg lalu dan masih ada pen dilutut. Lutut saya blm bisa ditekuk padhl saya sudah latihan trs sudah saya kompres dengan air panas. Saya hrs gimn mbak dan Mas.

    BalasHapus
  12. Mbak Mas, saya hbis oprasi lutut 3bln yg lalu dan masih ada pen dilutut. Lutut saya blm bisa ditekuk padhl saya sudah latihan trs sudah saya kompres dengan air panas. Saya hrs gimn mbak dan Mas.

    BalasHapus
  13. Slm kenal mbak mas, sy sdh menjalani operasi pemasangan pen dilutut 2 bln yg lalu, dan ada sedikit mslh yaitu pen sy agak bergeser (ke atas) sedikit sj dan sampai saat ini lutut sy masi blm bs ditekuk normal dan hanya bs ditekut sedikit sj, memang sih sy krg latihan dan tdk prnh fisioterapis, apakah lutut sy masi bs dilatih untuk bs kembali menekuk dgn normal

    BalasHapus

Ayo bagi pengalamanmu dan tanggapanmu ^.^