Selasa, 24 Mei 2011

Beberapa Pertanyaan Seputar Patah Kaki

1. Apakah pen bisa bengkok atau patah?
Bisa saja, jika pasien terpeleset/terjatuh dengan keras. atau jika kaki yang patah sering tertindih badan pada saat tidur. karena itu harus berhati-hati dan harus sangat diperhatikan bagaimana posisi ketika duduk, tidur dan saat berjalan.


Apakah tulang yang bengkok bisa diperbaiki?
Bisa, tapi harus operasi lagi. bila tulang baru tersambung, tulang muda nya dibebaskan dulu (dibersihkan terlebih dahulu) pada saat operasi. Pen yang sebelumnya terpasang dibuka, kemudian posisi tulang diperbaiki kembali, kemudian pen dipasang kembali dan proses penyembuhan sama seperti pada saat tulang patah pertama kali. Biasanya dilakukan cangkok sumsum tulang, yaitu sumsum dari bagian tulang yang lain (misalnya dari tulang yang di bawah lutut atau dari tulang panggul) diambil sedikit lalu ditempelkan diantara fragmen tulang yang patah untuk merangsang pertumbuhan tulang yang baru.
Tapi jika tulangnya terlalu bengkok, operasi akan dilakukan 2 tahap, yang pertama operasi pembebasan tulang (dipotong tulangnya), lalu akan ditraksi selama beberapa hari, karena otot ikut memendek, jadi harus ditraksi supaya panjangnya sama dengan kaki yang sehat. Kemudian setelah itu dilakukan operasi tahap dua yaitu operasi pemasangan pen. Namun bisa saja jika posisi tulang benar-benar lurus hanya di gips saja. Itu tergantung kondisi pasien..


3. Apakah berbahaya jika tulang menjadi bengkok?
Jika tidak terlalu bengkok, tidak terlalu berbahaya, pada saat berjalan akan sedikit pincang, harus dijaga jangan sampai kelebihan berat badan, karena tulang yang bengkok kekuatannya sudah berkurang untuk menyangga tubuh, berbeda dengan tulang yg lurus. Tapi jika sangat bengkok sebaiknya dibongkar ulang (dioperasi lagi). Biasanya dilakukan pencangkokan sumsum tulang, yaitu sumsum dari bagian tulang yang lain diambil sedikit lalu ditempelkan diantara fragmen tulang yang patah untuk merangsang pertumbuhan tulang yang baru.

4. Apakah kekurangan berobat ke dukun patah tulang?
1) tidak bisa dipastikan posisi tulangnya bagus, karena tidak dilihat langsung, sehingga banyak yang posisi tulangnya tidak tepat alias bengkok, bahkan ada yang posisi tulangnya masih 'berantakan'.
2) kemungkinan aliran darah terganggu karena bebatan yang terlalu kuat, ada yang sampai harus menjalani cuci darah karena ginjalnya terganggu (berdasarkan pengalaman seseorang), ada juga yang kakinya malah menjadi busuk dan akhirnya harus diamputasi.
3) kemungkinan terjadi infeksi (terutama pada patah terbuka) karena peralatan dan bahan yang digunakan kurang steril, bahkan ada juga yang daging dan tulangnya menjadi busuk dan akhirnya harus diamputasi.

5.Kapan pen bisa dilepas?
Pen bisa dilepas jika tulang sudah tersambung dengan baik, kata dokter yang menangani saya jangka waktunya sekitar 1-2 tahun setelah operasi. tetapi ada juga yang baru 9 bulan pen nya sudah bisa dilepas. jadi hal ini berbeda-beda pada tiap orang. berdasarkan pengalaman saya (Pengalaman Buruk Setelah Dibuka Pen),janganlah terburu-buru untuk membuka pen. Sebaiknya jika patah kaki, dibuka pennya sekitar 3-5 tahun setelah operasi saja, supaya aman.... (keputusan kembali kepada pembaca, ini sekedar saran saja)

6.Adakah pantangan makanan pasca operasi patah kaki?
Saya kurang tau persisnya, namun pengalaman saya, dokter membebaskan saya untuk memakan makanan apapun, karena tidak ada masalah dengan organ dalam seperti lambung, paru-paru, jantung. Saya bebas memakan makanan apapun, makan bakso juga tidak apa-apa.
Tetapi jika pasien memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan, sebaiknya jangan memakan makanan tersebut karena akan menimbulkan rasa gatal pada kulit, terutama pada luka operasi.
Dan jika pasien memiliki masalah kesehatan lainnya seperti hipertensi, maag, tentu perlu dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter yang menangani.

7. Berapa lama tulang yang patah bisa tersambung dengan baik?
Menurut teori tulang yang patah tersambung kembali (dengan baik) dalam jangka waktu 3-6 bulan, namun tidak selalu seperti itu. Tergantung usia, nutrisi, ada komplikasi atau tidak, lokasi patah tulang dan tingkat keparahannya. Bisa saja normal sesuai teori atau bisa saja lebih lama hingga 9 bulan bahkan 1 tahun.


Untuk lebih lengkapnya lihat http://ifan050285.wordpress.com/2010/02/21/penyembuhan-fraktur/#comment-727

36 komentar:

  1. apakah jika kaki berisi pen, nantinya bisa berolahraga seperti biasa, seperti olahraga bulu tangkis dan voly? dan berapa lama jangka waktu penyembuhan patah tulang itu sampai benar-benar bisa digunakan dengan baik lgi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. olahraga yang disarankan misalnya berenang, olahraga bulutangkis, volly, sepak bola saya rasa krg aman karena ada beberapa teman yg patah lagi karena melakukan olahraga tersebut, tapi ada juga yang kuat. Jadi keputusan kembali kepada anda sendiri, jika merasa sudah kuat dan yakin silakan berolehraga seperti itu, tapi jika tidak yakin dan ingin lebih berhati2 sebaiknya jangan. Kalaupun ingin berolahraga seperti itu tunggu sampai 1 tahun dari operasi.

      lama penyembuhan bervariasi pd tiap orang, tergantung perkembangan tulangnya, biasanya sih 5-7 bulan pasca operasi sdh bs lepas tongkat, kalo smp fungsi kaki benar2 normal biasanya sekitar 2-3 bulan setelah lepas tongkat, tergantung usaha pasien dalam berlatih smp bisa menekuk sempurna n otot2nya kuat lagi.

      Hapus
    2. Saya mengalami patah tlg di kaki kanan saya dan sudah dioperasi tggl 12 Juni 2012 lalu, berarti hari ini saya sudah 3 bulan lepas operasi. saya tetap melakukan aktivitas saya sebagai mahasiswa di kampus meski masih menggunakan 1 tongkat. akan tetapi, saya di rumah sudah belajar berjalan tanpa tongkat. Kira2 mbak dulu bisa berjalan secara normal setelah berapa lama ya? Karena meski di rumah sudah tanpa tongkat, namun saya belum berani memberikan beban yang lebih pada kaki kanan saya, dalam kta lain, gerak jalan saya masih pincang. Mohon sarannya kapan saya diijinkan jalan secara normal?

      Hapus
    3. tergantung hasil ronsen mas,, ga bisa mengira2,, kalo hasil ronsen menunjukkan udh ckp penuh maka boleh mulai lepas tongkat, tapi kalo blm ya blm boleh, biasanya 3-6 bulan, ada jg yg lebih dr 6 bln baru boleh lepas tongkat. setelah lepas tongkat jg bukan berarti langsung normal jalannya, selama 1-3 bulan masih pincang,, jd hrs sabar,, ga bs cpt2.

      Hapus
    4. kalo mas nekad ya bisa aja berhasil, tp kalo trnyata tlgnya ga kuat bisa2 tlngnya bengkok malah patah lagi, tambah berabe jadinya, cape 2x.

      Hapus
  2. Bagaimana dengan yang patah tulangnya paha, berapa lamakah bisa normal kembali apalagi saya gemuk orangnya?

    BalasHapus
  3. sama mas vidi, sekitar 3-6 bulan, bisa juga lebih dari 6 bln, tergantung tingkat keparahan, umur, nutrisi, n faktor psikologis.

    kalo gemuk sebaiknya dicoba supaya diturunkan bb nya agar tdk terlalu membebani tulang.

    BalasHapus
  4. Kalo setelah 1 taon operasi angkat pen, udah boleh brolahraga? Misalnya treadmill?

    BalasHapus
  5. kalo sudah bagus tulangnya boleh koq

    BalasHapus
  6. termasuk ototnya juga, jika otot masih bermasalah sebaiknya jgn terlalu dipaksakan, tetap berkonsultasi dgn dokter anda.

    BalasHapus
  7. saya septian, umur saya 16 tahun. Skitar Setahun yang lalu saya kecelakaan, dan tulang paha saya patah, lalu di operasi. Sekarang sudah 1 stngah tahun, dan pen saya belum di ambil, apakah itu tidak apa-apa? Pdhal saya sudah gak pake tongkat, alias sudah bisa jalan. Mohon di jawab, saya sangat butuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg dirasakan skr bagaimana? saran dokter biasanya 1-1,5 tahun pasca operasi, pen sudah bisa diambil. septian masih berumur 16 tahun, masih dalam masa pertumbuhan, alangkah baiknya jika pennya segera diambil, krn dikhawatirkan akan mengganggu proses pertumbuhan. setau sy gitu,, silakan konsultasi dgn dr. orthopedi di kota tempat septian tinggal untuk lebih jelasnya. krn sebelum dibuka pen biasanya dirontgen dulu.

      Hapus
  8. Hai kak salam kenal. Saya wanita berumur 20tahun. juni 2013 yg lalu sy kecelakaan tertabrak motor sehingga betis kiri saya patah di tulang kering dpn dan belakangnya.. Sy ambil tindakan operasi dan pasang pen. Stlh 1 bulan sy mulai belajar jalan memakai 2 kruk. Sesekali sy latihan berjalan kaki kiri sy menapakkan kelantai karna kurang keseimbangan. Apakah itu sgt membahayakan? Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo baru 1 bulan pasca op sebaiknya jangan dulu ditapakkan kakinya saat berjalan dengan kruk, krn tulangnya belum kuat, takutnya nanti tulangnya bengkok atau patah lagi. Pokoknya jgn dulu lepas kruk, dan jangan dulu ditapakkan kaki kirinya. kalo ditapakkan ketika duduk n ketika berdiri sih boleh, tapi tumpuan tetap di kaki kanan.

      Hapus
  9. Hai kak salam kenal. Saya wanita berumur 20tahun. juni 2013 yg lalu sy kecelakaan tertabrak motor sehingga betis kiri saya patah di tulang kering dpn dan belakangnya.. Sy ambil tindakan operasi dan pasang pen. Stlh 1 bulan sy mulai belajar jalan memakai 2 kruk. Sesekali sy latihan berjalan kaki kiri sy menapakkan kelantai karna kurang keseimbangan. Apakah itu sgt membahayakan? Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduhh jgn dl lepas tongkat mba,,, itu sgt beresiko, bisa2 tulangnya bengkok atau malah patah lg, ntar mesti operasi lg....

      Hapus
  10. Kak kalo boleh tau, bengkak setelah operasi hilang brp lama? Kebetulan di lipatan belakang lutut sy memarnya msh blm terlihat perubahan stlh operasi dan area pemasangan pen msh terlihat hitam memar juga di daerah punggung kaki dan mata kaki masih memar.. Sharingnya bermanfaat sekali kak terimakasih sudah sharing pengalaman di blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm,, biasanya 2 minggu smp 1 bulan,, kalo lbh dari 1 bulan msh bengkak konsultasi aja sm dokter, iya sama2 dessy :)

      Hapus
  11. Slm kak,, saya pria berumur 21 thn.sy mngalami kecelakaan shingga kki kiri saya ptah.dah 2 bln jln pkai tngkat.sy mau tnya kki sy yg pth tu klo buat gerak tak skit tp klo buat bertapak da skit.smpai mna atau fase pa tu ya thap pnyembuhan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung hasil ronsennya mas,, tahapannya 2 tongkat ga napak, 2 tongkat napat, 1 tongkat, lepas tongkat, pelan2 aja mas disesuaikan dgn perkembangan tulang.

      Hapus
  12. saya eko,umur 25 th,baru operasi patah tulang kanan.udah dpt 2 bln pasca operasi mbk.kemarin coba2 saya buat jagang sepeda motor,tapi tangan saya agk ngilu lmyan sakit,,,kira2 kapan mbk tangan q gk terasa sakit lagi?trs apakah se usia q wajib lepas "PEN"????trimakasih.sya tunggu jawabanya mbak,

    BalasHapus
  13. Salam knal, mohon share ny.
    Saya sudah 2 bulan pasca operasi patah tulang jari kaki kanan karena dtabrak mobil.
    Pas juga luka akibat fraktur luarny sudah kering. Kemarin saya sudah konsultasi dan di rontgen lg, dokter malah menyuruh untuk blajar jalan. Perlahan untuk menapak. Apakah ini aman? Bukannya biasanya diatas 3 bln! Lupa kmrn g dtanyain k dokterny alny.hee..

    BalasHapus
  14. Teman2 maaf saya jarang buka blog karena kesibukan, jika ada pertanyaan silakan gabung ke grup SEHATI (Sekumpulan Sahabat Patah Tulang Kaki) di facebook. Disana ada banyak teman2 senasib, sekarang anggotanya sudah 600 lebih. Sebelum gabung, tolong inbox para admin ( ketiga-tiganya ) yaitu mas Warzuqni Fahman ( https://www.facebook.com/wfahman ), mba Anna Puspita ( https://www.facebook.com/seelost.anna?fref=ts ) dan saya sendiri Mila Kurniawati ( https://www.facebook.com/mila.kurniawati2 ). Dengan format Nama, Alamat, Jenis Patah Tulang, Jalur Pengobatan ( Medis/Alternatif), Tanggal Kejadian, Kronologi Kejadian, dan Kondisi saat ini. Terima kasih,, ditunggu sharingnya :)

    BalasHapus
  15. lam knl mbak,mau tanya,obat apa yang cepat untuk penyembuhan patah tulang,saya patah tulang udah 3 bulan,blajar gak pakai tongkat,apakah air embun berfungsi penyembuhan?

    BalasHapus
  16. kak kalo patah tulang mata kaki itu penyembuhannya lama atau tidak (pasca operasi) ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas udah operasi tulang mata kakinya?
      saya juga terkena patah tulang dibagian itu yang sebelah kanan tapi masih bisa buat beraktifitas normal cuman saat berlari terasa goyang kanan kiri kakinya khususnya saat melayang, dan tenaga buat melompat itu gak ada untuk kaki yang patah itu

      Hapus
  17. kakak2 ada yang kasusnya patah ankle nggak? cerita dong gimana :(
    saya mahasiswa semester 1 baru satu bulan kuliah terus kecelakaan. semuanya baik2 aja ga ada yg lecet tp ankle kiri patah :'(
    sekarang sih udah 6 minggu mau ke 7
    kakak2 pliss reply kalo ada yg sama kasusnya

    BalasHapus
  18. Selamat pagi
    Saya mau tanya
    Bagaimana kalau pasang pen setelah 3tahun patah?
    Apakah bisa?

    BalasHapus
  19. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus
  20. Saya ingin bertanya, saya pernah patah tulang kering sekitar 8 tahun lalu, setelah itu berobat ke dukun patah tulang, selama ini tidak masalah, tapi belakangan ini saya takut terjadi dengan kaki saya,,, apakah masi mungkin terjadi masalah setelah 8 tahun patah tulang kaki menjadi kambuh?

    BalasHapus
  21. Jika kaki patah lagi dilakukan operasi ulang dipasang pen lagi apa harus tulang lama dipotong sedikit.... Jikapun dipotong pasti orang trsebut pincang.... Bisa tidak jika tidak dipotong....

    BalasHapus
  22. nama saya hafiz, saya mengalami kecelakaan pada tgl 21 februari 2015 , ttpi saya skrg sudah bermain basket , tapi saya masi mengalami trauma, bagaiimana cara menghilangkan trauma tersebut ?

    BalasHapus
  23. Kaki kiri saya bengkok setelah patah tulang,dan itu sudah berlangsung 11 tahun yg lalu,pd awalnya saya berobat ke alternatif,apakah kaki saya bisa normal kembali?karena menurut saya bengkoknya parah sekali

    BalasHapus
  24. Apakah penderita cuci darah bisa menjalani operasi kaki ?

    BalasHapus
  25. Apakah penderita cuci darah bisa menjalani operasi kaki ?

    BalasHapus
  26. Apakah penderita cuci darah bisa menjalani operasi kaki ?

    BalasHapus

Ayo bagi pengalamanmu dan tanggapanmu ^.^